Beranda blog

Polda Bengkulu Amankan 2,3 Juta Batang Rokok Non Cukai

Bengkulu (Bumi1.com) Subdit Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bengkulu berhasil menggagalkan 2,3 juta lebih batang rokok tanpa cukai merek.

Barang ini dibawa dengan menggunakan jasa angkutan barang yang masuk dari wilayah Jawa kemudian masuk ke Bengkulu. Dalam conference persnya digelar di gedung Dit Reskrimus Polda Bengkulu (27/09/2022).

Hadir dalam conference pers tersebut Direktur Ditreskrimsus Polda Bengkulu, Kombespol. Dodi Ruyatman,S.Ik., S.H didampingi Kepala Bea Cukai Bengkulu Ardhani Naryasti, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan.

Rokok tanpa merek cukai ini dihadang di Desa Teladan, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Dari keterangan surat jalan asal jutaan rokok ini dari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, guna pemeriksaan barang bukti ini kemudian di bawa ke Mapolda Bengkulu.

“Kami dari pihak Kepolisian hanya mengamankan dan melakukan penyitaan jutaan rokok tanpa merek cukai, selanjutnya akan diserahkan ke bea cukai Bengkulu,” Kata Dir Reskrimsus Polda Bengkulu seperti dilansir dari grup Siberindo.co.

Dir Reskrimsus Polda Bengkulu menjelaskan, dari pengungkapan rokok tanpa cukai ini pihaknya menyita barang bukti berupa 1 unit Mobil Colt Diesel warna kuning dengan box warna hitam, serta 117.600 bungkus rokok Milan 20 jaya non cukai.

“Barang bukti dan tersangka langsung kami serahkan ke bea Cukai, nanti yang melakukan proses penyidikan dari bea cukai,” Ucap Dir Reskrimsus Polda Bengkulu.

Usai conference pers, Dir Reskrimsus Polda Bengkulu langsung memberikan berita acara penyerahan barang bukti dan dokumen lainnya yang nantinya akan di pergunakan dalam penyidikan bea cukai.(*)

Disini Remaja 15 Tahun Diikat Dan Dibakar

Bengkulu (Bumi1.com) Remaja berusia (15) tahun dibakar dengan menggunakan Pertalite oleh seorang petani berinisial HA (40) tahun warga Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Hingga korbanya mengalami luka cukup serius setelah dibakar digubuk oleh petani yang berinisial HA warga Kecamatan Ulu Manna, Selasa (27/09/2022).

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Juda T Tampubolon melalui Kasi Humas AKP Sarmadi mengatakan peristiwa itu terjadi pada Selasa (24/09) pagi sekira pukul 06.30 wib disalah satu Desa di Kecamatan Ulu Manna.

Peristiwa bermula ketika inisial HA menuduh korban mencuri Handphone miliknya. Kemudian inisial HA mengikat korban dengan karet ban di pohon di kebun durian, “Kata AKP Sarmadi seperti dilangsir dari grup Siberindo.co.

Setelah itu, dengan minyak jenis Pertalite, korban kemudian dibakar dan ditinggalkan begitu saja. Atas peristiwa itu, orang tua korban kemudian melapor ke Polres Bengkulu Selatan.

Dan laporanya sudah kami terima, mudah-mudahan dalam waktu dekat terlapor dapat kami amankan untuk mempertagung jawabkan atas perbuatannya,” Pungkasnya.(*)

Pembangunan P3-TGAI Desa Sumur Kucing Terkesan Asal Jadi

Pelaku Perampokan Di Pasir Sakti Berhasil Dilumpuhkan Timah Panas

Lampung (Bumi1.com) Jajaran Kepolisian Polres Lampung Timur dibantu Polres Cilacap meringkus pelaku perampokan rumah di Kecamatan Pasir Sakti beberapa hari yang lalu, Senin (26/09/2022).

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution, didampingi Kapolsek Pasir Sakti, AKP SI Marbun mengatakan inisial tersangka adalah AY (32) tahun warga Magelang Jawa Tengah dan RM (38), ES (26) serta PM (27) ini warga Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan data pihak Kepolisian, para tersangka diduga terlibat dalam peristiwa perampokan di rumah SL (50) tahun warga Kecamatan Pasir Sakti, pada tanggal 16 September 2022 lalu, dengan nilai kerugian mencapai 80 juta rupiah.

Peristiwa perampokan diduga dilakukan para tersangka dengan cara menodong para korban menggunakan senjata api, dan senjata tajam, kemudian mengikatnya menggunakan lakban dan menggasak barang-barang berharga milik korban, “Kata Zaky.

“Para tersangka menggasak 3 unit sepeda motor, masing-masing merk 2 Honda Vario dan 1 Honda CBR, Uang tunai 20 juta rupiah, beberapa BPKB kendaraan bermotor, serta dompet yang berisi dokumen pribadi milik korban.

Team Tekab 308 Polres Lampung Timur dibantu Team Tekab 308 Polres Cilacap mengidentifikasi keberadaan para pelaku. Selanjutnya langsung melakukan penangkapan.

Zaky menjelaskan dalam proses pengembangan dan pemeriksaan, ternyata para tersangka juga terlibat dalam tindak pidana pembobolan rumah sarang burung walet  milik MR (51) tahun warga Kecamatan Pasir Sakti, dengan nilai kerugian mencapai 15 juta rupiah.

“Selain Pelaku, petugas Kepolisian juga telah mengamankan barang bukti berupa 3 Kartu ATM, KTP, SIM, NPWP milik korban, 1 buah Handphone, 1 buah linggis, 1 buah penggaris dan 1 unit mobil yang digunakan sebagai alat untuk melakukan tindak kejahatan tersebut,” Pungkas Zaky. (Rls)

Ini Penjelasan Kades Sumur Kucing Terkait Program Balai Besar

Lampung (Bumi1.com) Desa Sumur Kucing Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur pada tahun 2022 para petaninya, yang tergabung dalam  Perkumpulan  Petani Pemakai  Air (P3A)  mendapatkan bantuan saluran tersier dari Balai Besar wilayah Mesuji Sekampung, Senin (26/09/2022).

Hal itu di sampaikan oleh Kepala Desa (Kades)  Sumur Kucing,  Ad. Suroto diruang kerjanya saat dijumpai Bumi1.com pada Senin (19/09) lalu.

Memang betul Desa Sumur Kucing para petaninya mendapatkan bantuan tersier dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung.

Ada tiga titik pembangunan tersier. Pertama didusun 3 ada dua tempat dan didusun 5 ada satu tempat pembangunan tersier yang dikerjakan oleh ketua P3A di Desa kita, “Kata Suroto.

Pantauan Bumi1.com dilokasi kegiatan pembangunan melihat batu prasasti pelaksana kegiatan P3A Manunggal dilokasi  Rawa Keramat Desa Sumur Kucing Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur dengan titik kordinat 5• 35• 05• S 105• 46• 08• E.(Bunyamin)

15 Kades Di Kecamatan Wayjepara Tunda Ambil Gajih Siltab

Lampung (Bumi1.com) Kecamatan Way Jepara Lampung Timur memiliki 16 Desa dan 16 Kepala Desa (Kades). Dari ke 16 Kades tersebut hanya Kades Braja Sakti saja yang telah mengambil gajih Penghasilan Tetap (Siltap), Minggu (26/09/2022).

Sedangkan yang 15 Kades lainya masih belum mau mengambil gajih Penghasilan Tetap (Siltap) untuk para setap Desa dan seterusnya, “Ujar Darusman selaku Kades Braja Asri kepada Bumi1.com.

Ketua Forum Kades Kecamatan Way Jepara Darusman menjelaskan rekan -rekan kepala Desa alasan tidak mengambil gajih Siltap dengan perimbangan memakai azas kebersamaan.

Karena yang di bayarkan baru, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan (Kaur) dan Kepala Dusun. Sedangkan Linmas, RT, RW DPD dan LPM juga belum terbayarkan, termasuk tunjangan. “Kata Darus.

Lanjut Darus, azas kebersamaan seperti senang bersama- sama susah juga bersama-sama. Itulah alasan Kades se-Kecamstan Way Jepara, belum mau mengambil gajih Siltap.

“Terkecuali Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur telah membayarkan keseluruhannya baru kami ambil, “Pungkas Darus menirukan keluhan para Kades di Kecamatan Way Jepara.

Jika mengacu pada Perbub No 84 tahun 2021 tentang standar biaya Umum di Desa tahun anggaran 2022. Penghasilan Tetap (Siltap) tunjangan Kades dan perangkat Desa di tetapkan sebagai berikut.

Besaranya untuk Kades Rp 2. 450.000, Sekdes Rp 2. 230.000, Kaur Rp 2.050.000 dan Kadus Rp 2.025.000. Selanjudnya gajih Siltap di peruntukkan bukan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Bunyamin)

Bupati Parosil Buka Acara Liwa Expo 2022

Lampung (Bumi1.com) Bupati Lampung Barat membuka acara Liwa Expo 2022 yang digelar di kawasan Sekuting Terpadu depan Islamic Center Lambar. Peresmianya dengan menggunting pita sebagai tanda dibukanya, Minggu (26/09/2022).

Dalam hal ini, Bupati dan wakil Bupati Lampung Barat beserta ketua DPRD dan rombongan dari Forkompinda sempat kesulitan berjalan untuk memantau stand yang disiapkan oleh berbagi instansi di karenakan padatnya masyarakat yang hadir dalam pagelaran Liwa Expo 2022 ini.

Dalam sambutanya Parosil Mabsus Bupati Lampung Barat mengatakan kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih kreatif lagi dalam mengelola hasil buminya, mengingat Lambar adalah daerah yang subur.

Masyarakat Lampung Barat harus lebih meningkatkan sumber daya manusianya (SDM) supaya Sumber Daya Alam (SDA) kita bisa dikelola dengan baik,” Pesan Parosil.

Sementara ketua pelaksana kegiatan Daman Nasir, kepala Dinas PMPTSP mengatakan bahwa pagelaran tahun ini di khususkan untuk perbaikan ekonomi masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Lanjut Daman, sesuai dengan tema yang kita usung yaitu bela ijinya dan beli produknya supaya para pelaku UMKM bisa memasarkan produk – produk unggulannya.

Liwa Expo tahun 2022 ini ditambah spesial buat masyarakat karena bertepatan langsung dengan HUT Lampung Barat ke 31 tahun, “Ungkapnya.

Ditempat yang sama Dadang (30) tahun pelaku usaha UMKM yang hadir untuk menjajakan barang dagangannya menjelaskan bahwa biasanya klo dihari biasa paling 10 biji yang bisa dijual, tetapi pas ada acara ini bisa sampai 30 biji yang bisa saya jual, “Paparnya.

Dari pantauan Bumi1.com meskipun cuaca dalam keadaan gerimis namun antusiasme masyarakat Lambar cukup tinggi dalam menyambut pagelaran Liwa Expo tahun 2022 ini, mengingat beberapa tahun terakhir acara ini sempat di tiadakan dikarenakan masa pandemi Covid-19. (Fahri)

Puluhan Wartawan Unjukrasa Tuntut Kekerasan Pada Jurnalis

Jabar (Bumi1.com) Puluhan Wartawan yang tergabung dalam berbagai organisasi turun kejalan. Mereka berunjukrasa di depan kantor Pemerintah Kabupaten Karawang, Minggu  (26/09/2022).

Aksi itu digelar adanya kasus dugaan penculikan dan penganiayaan dua Wartawan oleh oknum pejabat Pemkab Karawang yang menjadi pengurus Askab PSSI Karawang yang berinisial AA.

Mereka menuntut Bupati dan Wakil Bupati Karawang untuk segera bersikap tegas atas kasus dugaan penganiayaan dua Wartawan di Kabupaten Karawang. Pasalnya, terduga pelaku itu merupakan oknum pejabat penting di lingkungan Pemkab Karawang.

Dalam unjukrasanya, mereka melakukan orasi secara bergantian dan melakukan aksi tabur bunga sebagai bentuk keprihatinan atas kasus dugaan penganiayaan yang menyebabkan korbannya dua Wartawan di Karawang.

Para awak media juga melakukan aksi treatikal mengguyurkan air mineral ke spanduk aksi, sebagai ilustrasi kejadian di TKP. Yaitu dimana salah satu korban dipaksa untuk meminum minuman keras (miras) dan air kencing oleh terduga pelaku.

Koordinator aksi, Hartono menyampaikan, para Wartawan menuntut agar Bupati dan Wakil Bupati segera ikut bersikap tegas atas kasus ini, di luar proses penyelidikan yang sedang dilakukan Polres Karawang.

Disampaikannya, kasus dugaan penganiayaan terhadap dua Wartawan di Karawang ini sudah diluar nilai-nilai batas kemanusiaan. Karena selain dipukuli, korban juga dipaksa meminum air kencingnya, “Kata Hartono pada Rabu (21/09).

Hartono menegaskan para awak media akan mengawal proses hukum yang masih berjalan di Polres Karawang, mereka juga akan berkirim surat ke Polda Jabar dan Mabes Polri untuk menuntut.

Agar pihak Kepolisian segera menetapkan tersangka atas kasus dugaan penganiayaan dan penculikan kepada dua Wartawan di Kabupaten Karawang Jawa Barat ini, “Paparnya.

Sebelumnya, pada Selasa (20/09) malam penyidik Satreskrim Polres Karawang telah melakukan olah TKP peristiwa yang dialami korban, di sekretariat Asosiasi Futsal Kabupaten Karawang (AFK), komplek Stadion Singaperbangsa Karawang, dengan menghadirkan kedua korban.(Rls/SMSI)

Sambangi Kabupaten Kulon Progo, DKLS Lakukan Tiru Budaya

Jateng (Bumi1.com) Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Hj. Winarni Nanang Ermanto mengunjungi Sekertariat Dewan Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Sabtu  (24/09/2022).

Kunjungan yang bertempat di Taman Budaya Kabupaten Kulon Progo tersebut dalam rangka Kaji Tiru budaya yang merupakan program kerja dari DKLS.

Kunjungan itu juga dihadiri oleh Pejabat Struktural Kabupaten Kulon Progo Staf Ahli Bupati Hukum dan Politik Drs. Untung Waluyo, Kepala Dinas Kebudayaan Dra. Niken Probolaras, S. Sos, MH, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito, S, Sn, MA, Ketua TP PKK Kulon Progo Priyatinah, Ketua Dewan Kebudayaan Kulon Progo Umar Sanusi beserta Pengurus.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Niken Probolaras menyambut baik dan berterimakasih kepada DKLS yang telah memilih Kabupaten Kulon Progo untuk dikunjungi sebagai lokasi Kaji Tiru.

Dalam sambutannya, Niken menunjukan makanan khas Kulon Progo yang sebagian sudah mendapat penetapan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

”Makanan khas Kulon Progo yaitu makanan Geblek yang kami jadikan Motif Batik khas yaitu motif Geblek Renteng serta Kulon Progo juga memiliki Warisan Budaya Tak Benda yaitu Tari Krumpyung yang ditampilkan diawal tadi, jogetnya Tayub diringi oleh musik Krumpyung,” Kata  Niken pada Jum’at (23/09).

Sementara, Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih atas penyambutan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

“Terimakasih bapak ibu sambutannya mulai saya datang hingga masuk kedalam tempat ini saya terkesan dengan Taman Budaya yang memang sangat tepat untuk dijadikan kegiatan seni,” Ucap Winarni.

“Kami hadir disini untuk menggali potensi budaya yang ada di Kulon Progo kami untuk dikolaborasikan mengingat di daerah kami banyak juga masyarakat Jawa yang tinggal disana.

Winarni berharap dengan ada kaji tiru ini bisa membawa efek positif dan juga bisa mengembangkan Kesenian dan Budaya serta Pariwisata yang ada di Lampung Selatan.

”Ini akan jadi Catatan kami, untuk mengembangkan Seni budaya serta Pariwisata untuk meningkatkan Ekonomi di Lampung Selatan,”Terangnya.

Dirempat yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo Priyatinah juga menyampaikan harapannya kepada DKLS untuk bisa berkolaborasi dengan Seni Budaya dan Pariwisata untuk bersama sama memajukan Indonesia dari Bidang Seni Budaya dan Pariwisata.

”Lewat Seni Budaya dan Pariwisata kita berkolaborasi untuk memajukan Indonesia agar bisa lebih dikenal Dunia,” Tutupnya. (Rls)

Sekda Lamsel Hadiri Kegiatan Roadsow Bus KP

Lampung (Bumi1.com) Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin S.Sos, M.M bersama Inspektur Kabupaten Lampung Selatan Anton Carmana menghadiri serangkaian kegiatan Roadsow Bus KPK di Bandar Lampung  Sabtu (24/09/2022).

Bertempat di Halaman Transmart Bandar Lampung, Kegiatan Road Show Bus KPK tersebut bakal dilaksanakan di 3 Provinsi serta 9 Kabupaten/Kota yakni Provinsi Sumatera Selatan,Lampung dan Banten.

Kegiatan tersebut diawali dari Provinsi Sumatera Selatan dan selanjutnya Bus bertolak ke Provinsi Lampung dengan 3 titik lokasi yaitu Kota Metro, Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan yang akan berlangsung pada 27-28 September 2022 mendatang dan berakhir di Provinsi Banten.

Hadir dalam acara peluncuran Roadsow Bus KPK di Kota Bandar Lampung yakni, Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, Walikota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana, Forkopimda serta para Bupati dan Walikota Se-provinsi Lampung.

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana dalam sambutannya mengatakan, bahwa KPK meluncurkan Roadshow Bus Antikorupsi pertama kali pada 2014 dan telah menjelajahi puluhan Kabupaten/Kota di Pulau Jawa dan Sumatera setiap tahunnya.

Dirinya juga menjelaskan Road show Bus KPK dengan bertemakan “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi”. Ini merupakan bagian dari upaya KPK dalam memberantas korupsi dengan cara membangun perilaku dan budaya antikorupsi melalui pendidikan antikorupsi, dan pencegahan korupsi lewat perbaikan sistem, “Kata Wawan pada Jum’at (23/09)

“Selain itu kami juga mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, KPK menyelenggarakan Program Kampanye Antikorupsi yang merupakan serangkaian kegiatan penyadaran publik dan peningkatan partisipasi publik yang mendorong bentuk berupa aksi kolektif dan berkolaborasi.

Wawan juga menerangkan, selain masyarakat umum, target utama dari program Roadsow Bus KPK ini adalah para guru, pelajar, mahasiswa dan dosen.Terhitung sampai Desember 2021 terdapat 1462 orang yang di tangani KPK dari berbagai latar belakang, bahkan kalo dilihat dari segi usia itu ada yang berusia 24 tahun, ini menjadi keprihatinan bagi KPK.

“Tujuan program ini adalah juga untuk menginformasikan program-program pemberantasan dan pencegahan korupsi, mengampanyekan nilai-nilai antikorupsi, serta bersinergi dengan masyarakat dalam membangun kesadaran antikorupsi,” Terang Wawan.

“Kami berharap melalui program ini, KPK memberikan andil besar dalam membangun budaya antikorupsi. Kami juga berharap semua masyarakat dapat mengambil peranan dalam pemberantasan korupsi.

“Dengan kegiatan ini semoga dapat memberikan manfaat yang seluas luasnya berupa menumbuhkan serta menjaga integritas dan peningkatan akhlaq di lingkungan terkecil untuk melakukan pencegahan korupsi, “Ungkapnya.

Sementara Gubernur Lampung itu juga menuturkan, berkaitan dengan hal pencegahan korupsi dan pendidikan peran serta masyarakat dalam mengkampanyekan anti Korupsi pemerintah provinsi Lampung terus berkomitmen melakukan upaya-upaya melalui implementasi pendidikan anti korupsi sejak dini yang dilaksanakan kepada peserta didik yang sudah dimasukan kedalam metode atau materi pendidikan di tingkat SMA yang nantinya juga di tingkat SMP yang ada di Provinsi Lampung.

“Saya berharap melalui kegiatan Roadsow Bus KPK tahun 2022 pencegahan korupsi ini dapat betul-betul di ikuti dan di implementasikan serta bermanfaat dan menjadi cerminan kita dengan niatan bahwa provinsi Lampung bisa bersih dari korupsi,” Tutupnya. (Rls)

- Advertisement -

Sosial Media Kami

0PengikutMengikuti
3,445PengikutMengikuti
2,506PengikutMengikuti

Berita Terbaru

Berita Banyak Dilihat

Penumpang Bus Damri Tujuan Unit 2 Tewas Diperjalanan

Lampung (Bumi1.com) Penumpang Bus Damri tujuan Bakauheni menuju Unit 2 Tulang Bawang tewas didalam Bus saat di perjalanan tepatnya di jalan raya Lintas Pantai...

Warga Braja Luhur Tewas Bunuh Diri Masuk Sumur

Lampung (Bumi1.com) Seorang warga bernama Suhari berusia (66) tahun tewas bunuh diri masuk sumur di belakang rumahnya pada Senin (27/12/2021) pagi. Kejadianya itu sekitar pukul...

Unit Lantas Labuhan Maringgai Tangkap 2 Orang Pembawa Narkotika

Lampung (Bumi1.come) Satuan Unit Lantas Labuhan Maringgai menangkap dua orang pelaku kasus penyalah gunaan narkotika jenis obat-obatan terlarang di Jalintim Desa Maura Gadingmas Kecamatan...

Bocah 1 Tahun Setengah Tewas Terjebur Comberan

Lampung (Bumi1.com) Nasib naas menimpa balita berusia 1 tahun setengah, saat ditemukan orang tuanya sudah tidak bernyawa terjebur di Comberan miliknya di belakang rumah...

Polsek Labuhan Maringgai Tangkap 3 Pemain Judi Lanay

Lampung (Bumi1. com) Polsek Labuhan Maringgai yang dipimpin oleh Panit I Reskrim Andy Chandra, pada Rabu 19 Februari 2020 sekira pukul 01.00 Wib. Melaksanakan...