Beranda blog

Ditpolairud Polda Lampung Adakan Pelatihan Intelijen Perairan 

Lampung (Bumi1.com) Direktur Polairud Polda Lampung Kombes Pol Sismulyono mengadakan pelatihan peningkatan kemampuan Intelijen Perairan Ditpolairud Polda Lampung, bertempat di Aula Direktorat Polairud Polda Lampung, Kamis (28/10/2021).

Dalam sambutannya Direktur Polairud Polda Lampung, Kombes Pol Sismulyono,SH.,MH mengatakan bahwa kemampuan penyelidikan yang berkualitas profesional dan kompeten dapat menunjang penegakan Hukum.

Dalam penyelidik itu merupakan ujung tombak untuk mengungkap berbagai peristiwa seperti tindak pidana, “Kata Direktur Polairud dalam paparanya.

Menurutnya, pelatihan peningkatan kemampuan Intelijen perairan ini diharapkan dapat mempersiapkan personel Polairud yang profesional akuntabel serta bermoral yang memegang teguh etika profesi Polri.”Jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Polairud Polda Lampung Kombes Pol Sismulyono, AKBP Sulistiono, Kasundit Gakkum AKBP Riza Pahlefi, Kasubdit Pasharkam AKBP Zulmantopani dan di ikuti 32 Peserta yang terdiri dari 23 Komandan Kapal Jajaran Direktorat Polairud Polda Lampung serta 9 orang Personil Subdit Gakkum. (Erwan)

 

SMPN 2 Labuhan Maringgai Dapatkan Vaksinasi Dari Apindo

Lampung (Bumi1.com) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 2 Labuhan Maringgai Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, pada Kamis (28/10/2021) mendapatkan kegiatan vaksinasi bagi peserta didik dengan jumlah 600 siswa.

Kami ucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi – tingginya kepada tim medis Nakes dari Apindo yang memberikan vaksinasi kepada peserta didik kami.

“Yang harapanya ini sesuai dengan program Pemerintah, bahwa seluruh warga negara terbebas dari wabah pandemi Covid -19, “Kata Kepsek SMPN 2 Labuhan Maringgai Ngatimin kepada Bumi1.com.

Ngatimi menjelaskan, selain itu juga untuk menstabilkan pemulihan ekonomi  dan percepatan herd Immunity. Kami berharap dengan dilaksanakan vaksinasi bagi peserta didik nantinya kegiatan pembelajaran bisa maksimal dan efektif.

Menurutnya, wabah pandemi ini akan segera hilang dimuka bumi, sehingga masyarakat tidak was – was dan bisa beraktivitas sebagai mana yang mereka harapkan serta untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah pun bisa efektif. “Harapnya.

Hadir dalam acara tersebut Jajaran Polsek Labuhan Maringgai, Kepsek SMPN 2 Labuhan Maringgai Ngatimin, Tim Nakes dari Apindi, Dewan guru dan peserta didik. (Erwan)

 

Marsan Resmi Dilantik Menjadi Kadis Pendidikan

Lampung (Bumi1.com) Orang nomor dua di Lampung Timur Azwar Hadi, pada Rabu (27/10/2021),  melantikan penjabat pimpinan tinggi pertama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di Aula Seketariat Pemkab Lamtim.

Kali ini yang mendapatkan pelantikan jabatan dari Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi adalah Marsan sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Edy Saputra dengan jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Wakil Bupati Lampung Timur  Azwar Hadi dalam sambutanya ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik. “Dalam kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik.

Saya berharap ini dapat dijadikan sebagai momentum dalam pengabdian kepada masyarakat dengan keteguhan dan komitmen untuk terus berbuat yang benar dan sesuai aturan serta bekerja secara optimal.

Dalam hal ini Azwar, juga berpesan kepada para OPD untuk selalu menjaga kekompakan sehingga kedepan dapat memberi perubahan untuk Kabupaten Lampung Timur. “Pintanya.

Teruslah untuk bekerja keras menjaga kekompakan dan sinergitas agar pekerjaan bisa dilaksanakan secara optimal sehingga kedepan dapat mewujudkan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang bersih, berwibawa dan bermartabat dalam pembangunan dan kesejahteraan.

Lanjut Azwar, bahwasanya ASN itu merupakan pelayan masyarakat yang harus mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Lampung Timur.”Paparnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, M. Jusuf, Para Asisten, Staf Ahli Kabupaten Lampung Timur serta Para OPD dan SKPD Kabupaten Lampung Timur.(Erwan)

Ini Kata Warga Mataram Baru Saat Menjajakan Jualanya

Lampung (Bumi1.com) Nur Indah Andarwati pedagang kopi yang setiap sore hari menjajakan dagangannya di Grebeq Ayem merasa senang dan bersyukur adanya wisata sawah di Desa Mataram Baru Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur, Rabu (27/10/2021).

Warga Mataram Baru mulai menjajakan jualanya pada pukul 16.00 wib sudah stanbay berada di lokasi tempatnya biasa menjajakan dagangannya hingga pukul 18.00 wib.

“Selain berjualan kopi, juga ada kopi susu es kelapa muda, sosis goreng, sosis bakar dan jagung rebus. Kalau makanan ringanya itu yang di gemari anak -anak. “Kata Andra dalam penjelasannya kepada Bumi1.com.

Lanjut Andar, untuk pendapatan setiap harinya ya lumayan. Saya mulai buka dari pukul empat sore sampai menjelang jam enam sore, hasil pendapatan saya kisaran 150,000 bahkan bisa lebih mencapai 200,000.

“Pernah pada hari Sabtu itu saya pendapatan melebihi hari- hari biasanya hingga mencapai 400,000 dan pada hari Minggunya kembali seperti biasa saja pendapatanya.

Alhamdulillah dengan adanya wisata sawah Grebeq Ayem di Desa kami setiap sore hari sekarang menjadi ramai, sehingga saya dan warga sekitar bisa mengais rezeki dengan berjualan di sepanjang jalan persawahan ini. “Ucapnya dengan nada senang.

“Karena di tengah-tengah persawahan ini dikelilingi hamparan padi, selain ada  tempat selfinya juga ada warung jajanan petani yang selalu siap dan menyiapkan berbagai menu makanan siap saji seperti ikan bakar, nasi goreng, mie ayam, soto es teh dan minuman ringan lainnya.

Andar menambahkan, harapan kami selaku pedagang yang mengais rezeki di sini, untuk kedepannya seperti Dinas Pariwisata agar bisa memberikan perhatian untuk wisata sawah yang ada di Desa kami.

Supaya menjadi maju dan semakin berkembang. Apa lagi inikan satu -satunya wisata alam persawahan di Kecamatan Mataram Baru. “Pintanya. (Roni)

 

Terkait Video Dibegal, Ustadz Nasihin Bersama Krunya Dipriksa Polisi

Lampung (Bumi1.com) Ustadz Nasihin tak hanya dimintai keterangan terkait video viral dibegal di Lampung. Polda Lampung juga mendalami sejumlah video yang diduga rekayasa tersebut.

Selain Ustadz Nasihin, Polisi juga memeriksa 4 kru video youtube yang terlibat pembuatan konten yang merusak citra daerah dan masyarakat.

“Pemeriksaan ini masih berlanjut termasuk krunya pembikin konten,” Ujaar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Rabu (27/10/2021).

Tim penyidik Subdit III Ditkrimum terus mendalami materi pemeriksaan terhadap Ustadz Nasihin dan empat orang krunya untuk mendapatkan kepastian hukum terhadap perkara ini.

Materi pemeriksaan terkait konten berjudul “Biawak Besar Masuk Toko” dan “Dua Bocah Kabur Bayi Ditinggal Sendirian”.  Video rekayasa pembegalan di akun channel Youtube Ustadz Nasihin.

Dalam hal ini Ustadz Nasihin menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Lampung karena video rekayasa pembegalan yang mereka produksi dianggap merusak citra nama daerah dan masyarakat Lampung.(Rls/Magelhen)

 

Oknum Polisi, Bripka Irfan Diberhentikan Didak Hormat

Lampung (Bumi1.com) Bripka Irfan IS, oknum personil dari Subnit II Dalmas Satuan Samapta Polresta Bandar Lampung, resmi di berhentikan secara tidak hormat dari jajaran kepolisian Polda Lampung, karena diduga menjadi dalang perampasan mobil Toyota Yaris milik mahasiswa, Rabu (27/10/2021).

Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Lampung, Kombes M Syarhan, memimpin langsung sidang komisi kode etik dan profesi Polri terhadap terduga pelanggar Bripka IS di Mapolresta Bandar Lampung, pada Selasa (26/10) pagi kenaren.

Terduga pelanggar Bripka IS dengan NRP 82060243, kelahiran Bandar Lampung 24 Juni 1982 ini sebelumnya menjabat Bintara Subnit II Dalmas Satuan Samapta Polresta Bandar Lampung.

“Ketua Komisi memutuskan perbuatan terduga pelanggar sebagai perbuatan tercela dan mendapat sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dalam sidang Selasa kemarin, ” Tegas Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad saat menggelar konferensi pers.

Terdapat sembilan orang saksi dalam sidang pelanggaran kode etik profesi Polri ini. Terdua pelanggar IS dinyatakan melanggar kode etik profesi Polri sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 14 tahun 2011.

Pemberhentian itu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 dan 14 ayat (1) Huruf b Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 1 tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri.

Selain itu, Pasal 7 ayat (1) huruf b dan Pasal 11 c Peraturan Kapolri No. 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri. “Nanti kami akan melakukan proses selanjutnya. Rencananya, Senin 1 November 2021 Bripka IS di-PTDH secara resmi,” Ungkap Pandra.

Lanjutnya, meski sudah diputus PTDH, Bripka IS tetap menjalani proses pidana umum karena diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan sesuai pasal 365 KUHPidana dengan ancaman pidana penjara12 tahun. (Rls/Magelhen)

 

 

Website Diretas, Puan Minta BSSN Berbenah Diri

Jakarta (Bumi1.com) Ketua DPR RI Puan Maharani menyayangkan peretasan yang terjadi pada website Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Menurutnya, peretasan ini harus menjadi evaluasi bagi BSSN yang diberi tugas khusus oleh Pemerintah dalam hal teknis sistem keamanan siber, Rabu (27/10/2021).

“Saya sungguh terkejut, BSSN yang menjadi ‘tameng’ utama keamanan siber di Indonesia justru kena retas,” Kata Puan, Selasa (26/10).

Perempuan pertama yang mejabat Ketua DPR ini menegaskan peretasan website BSSN ini adalah isu serius bagi keamanan siber Indonesia.

“Kalau tameng utamanya bisa diretas, saya khawatir website-website Pemerintah lainnya yang menyimpan data publik bisa dengan mudah disusupi,”Ungkap Puan.

Puan mengatakan, BSSN perlu mengaudit secara teknis terkait adanya celah sistem keamanan yang disusupi hacker tersebut, untuk kemudian segera berbenah diri, baik secara teknologi maupun sumber daya manusia.

“Setelah berbenah, barulah bisa melaksanakan tugas keamanan siber. Karena tidak mungkin melindungi keamanan siber Pemerintah, kalau belum bisa melindungi diri sendiri.

Menurut Puan, BSSN sebagai badan resmi Pemerintah yang diberi kewenangan untuk keamanan siber bisa bekerja lebih optimal lagi dengan sumber daya yang ada.

“BSSN yang diberi kewenangan, sumber daya, dan juga anggaran, tidak boleh kalah oleh hacker yang tidak bertanggung jawab di luar sana,” Paparnya.(Rls)

Bupati Musa Sambut Kunjungan Wantanas

Lampung (Bumi1.com) Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad bersama Forkopimda  menyambut baik kunjungan kerja Sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional (Watanas) di rumah Dinas Nuwo Balak, Selasa (26/10/2021).

Musa Ahmad Bupati Lampung Tenga dalam sambutanya menyatakan, kebanggaan atas kunjungan sekjen (Watanas) ke Lampung Tengah, kami sampaikan jika Pemkab Lamteng Akan selalu mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah pusat.

Sehingga, program-program bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk mengenai situasi kondisi pandemi Covid-19 di Lamteng. Mulai dari penanganan sampai percepatan vaksin.”Ucapnya.

Untuk saat ini kita sedang melalukan percepatan vaksinasi sehingga terbentuk herd immunity. Ini semua berkat dukungan kita semua mulai Pemerintah tingkat atas sampai ke tingkat bawah serta tak terlepas dari peran serta TNI-Polri dan masyarakat.

Musa menambahkan Lamteng akan menjadi andalan ekonomi, terutama di sektor pertanian. Mohon informasi kerawanan sosial untuk dampak Covid -19, konflik dan sengketa lahan. Agar dapat menyampaikan konflik tanah yang tidak ditangani ,”Paparnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Wantannas RI Laksamana Pertama TNI B.E.Palgunadi, Sekretaris Tim Kolonel Laut (S) Darmansyah Nasution. hadir juga Kabiro Ekonomi Pemprov Lampung, kepala OPD, serta perwakilan PT GGP dan PT GMP. (Mardian)

Tersangka Penyebaran Ujaran Kebencian Dimedsos Ditangkap Polisi

Lampung (Bumi1.com) Polres Lampung Timur melalui Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) berhasil menangkap tersangka yang melakukan tindakan ujaran kebencian di media sosial (Facebook), Selasa (26/10/2021).

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution, didampingi Kasat Reskrim AKP Ferdiansyah, mengatakan bahwa inisial tersangka adalah RA (25) tahun warga Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Pasir Sakti.

Tersangka harus berurusan dengan aparat penegak hukum, karena tindakanya menyebarkan ujaran kebencian terhadap “Suku Lampung” yang diupload dilaman media sosial (Facebook) yang dibuatnya.

“Tersangka nekat membuat akun Facebook palsu, dan mengupload ujaran kebencian terhadap suku Lampung, karena merasa sakit hati, pernah dituduh melakukan tindakan pencurian,” Kata Kapolres Lampung Timur.

Lanjutnya, lalu petugas Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Lampung Timur, yang menerima informasi terkait kejadian tersebut, langsung melakukan proses penyelidikan dan berhasil membekuk tersangka di wilayah Ciledug Tangerang.

Selain tersangka, Petugas Kepolisian juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit Telepon Genggam berikut alamat laman media sosial untuk melengkapi berkas penyelidikan lebih lanjut, “Tegas AKBP Zaky. (Erwan)

PKG Bandar Sribhawono Adakan Lomba Kreativitas Guru Paud

Lampung (Bumi1.com) Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Bandar Sribhawono Lampung Timur mengadakan lomba kreativitas guru Paud, TK dan kelompok bermain bertempat di lapangan merdeka Sribhawono, Selasa (26/10/2021).

Melalui gerak lagu antar gugus PKG kihajar dewantara, dalam kegiatanya juga menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) sesuai anjuran Pemerintah di masa-masa pandemik dengan cara memakai masker.

Ketua Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Bandar Sribhawono Sunyarti,S.Pd kepada Bumi1.com mengatakan ini kegiatan PKG Bandar Sribhawono dalam rangka kegiatan kreativitas guru dalam gerak lagu anak.

Ini semua untuk kelompok bermain bersama TK se-Kecamatan Bandar Sribhawono, untuk pesertanya juga seluruh guru Paud se-Kecamatan Bandar Sribhawono.”Kata Sunyarti.

Lanjutnya, lomba yang kita adakan pada saat kegiatan PKG perdana kali ini seperti lomba gerak lagu anak, dalam tema kegiatan yang akan dilaksanakan di bidang masing-masing pendidikan.

Yang tujuannya tidak lain untuk kesehatan kita selaku pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan kususnya Paud di bidang Pusat Kegiatan Gugus (PKG).

Untuk kedepanya akan kita adakan per enam semester, kegiatan ini juga didukung dari Koordinasi Wilayah (Korwil) Pedidikan Bandar Sribhawono. “Paparnya.

Hadir dalam acara tersebut Koordinasi Wilayah (Korwil) Pendidikan Bandar Sribhawono, Ibrahim A. Ma.Pd, Kapolsek Bandar Sribhawono, Iptu Suarman, Camat Bandar Sribhawono Cen Suatman, Kelapa Desa Sribhawono Wisnu, Ketua IGTK Kecamatan Bandar Sribhawono Kholisiah,S.Pd, Ketua Himpaudi Kecamatan Bandar Sribhawono, Siti Umi Zahro dan para peserta lomba.(Erwan)

 

 

 

- Advertisement -

Sosial Media Kami

0PengikutMengikuti
3,179PengikutMengikuti
2,506PengikutMengikuti

Berita Terbaru

Berita Banyak Dilihat

Penumpang Bus Damri Tujuan Unit 2 Tewas Diperjalanan

Lampung (Bumi1.com) Penumpang Bus Damri tujuan Bakauheni menuju Unit 2 Tulang Bawang tewas didalam Bus saat di perjalanan tepatnya di jalan raya Lintas Pantai...

Unit Lantas Labuhan Maringgai Tangkap 2 Orang Pembawa Narkotika

Lampung (Bumi1.come) Satuan Unit Lantas Labuhan Maringgai menangkap dua orang pelaku kasus penyalah gunaan narkotika jenis obat-obatan terlarang di Jalintim Desa Maura Gadingmas Kecamatan...

Satu Orang Tewas Diterkam Buaya Muara

Lampung (Bumi1.com) Heboh satu orang warga Lampung Timur tewas diterkam Buaya Muara saat mencari ikan di perairan Muara Kambas (Pedamaran) pada malam hari, Minggu...

Polsek Labuhan Maringgai Tangkap 3 Pemain Judi Lanay

Lampung (Bumi1. com) Polsek Labuhan Maringgai yang dipimpin oleh Panit I Reskrim Andy Chandra, pada Rabu 19 Februari 2020 sekira pukul 01.00 Wib. Melaksanakan...

Dua Pelaku Curat Di Lamtim Ditangkap Polisi

Lampung (Bumi1.com) Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Yaya Karyadi beserta anggota dan warga masyarakat menangkap dua orang pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) didekat setasiun PGN...