Kwarcab Pramuka Lamtim Gelar KMD, KML Dan Kamabigus Di Pantai Mutiara Baru

10104

Lampung (Bumi1.com) Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Timur menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjut (KML) yang melibatkan 515 pembina Pramuka Se-Lampung Timur.

Kegiatan Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Timur dalam rangka Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjut (KML) bertempat di obyek wisata pantai Mutiara Baru Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, Jum’at (23/12/2022).

Kepala pusat pendidikan dan latihan Pramuka gerakan kwartir cabang Lampung Timur (Kapusdiklatcab) Sujarwo,S.Pd kepada Bumi1.com mengatakan, kegiatan kursus ini terdiri atas dua jenjang. Yaitu Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjut (KML), bagi para kepala sekolah atau Kamabigus se-Kwartir Cabang Lamtim.

Pusdiklatcab Lampung Timur ini adalah untuk menggerakkan kembali gugus depan, di Kwartir cabang Lamtim, akhir-akhir ini selama dilanda pandemi covid- 19 terlihat pakum. “Dan kita menggalakkan kembali kepala sekolah atau Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) sebagai pangkalan gerakan Pramuka Pertama, “Kata Jarwo pada Kamis (22/12) sore.

Dengan semua Kamabigus ini kita wajibkan mengikuti Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut (KML). Sehingga bisa menggerakkan para pembina di Gugusdepan untuk pesertanya tingkat KMD ini ada 414 peserta. Sedangkan untuk KML ada 101 serta melibatkan 515 peserta, para kepala sekolah SDN dan kepala sekolah SMPN Se-kabupaten Lampung Timur.

Lanjut Sujarwo, sebelumnya kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjut (KML) dibuka langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Kamabicab) kak Dawam Rahardjo bertempat dihalaman UPTD SMPN 1 Sribhawono, pada Minggu (18/12).

Kemudian hari keduanya pada Senin  (19/12) dikunjungi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Lampung Timur. Kakak Yusbariah Dawam Rahardjo dan kebetulan kami juga mendatangkan pelatih dari Kwartib Daerah. Dihari kedua pemateri Segmental ada lima pelatih yang hadirkan dari Daerah Lampung, “Paparnya.

Penyelenggaraan ini memang progam dari wakik ketua dua (Waka II) Pembina untuk Anggota Dewasa (Binawasa) Kak Marsan,S.Pd.,Ing secara kebetulan beliau juga di Pemerintahan Daerah sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Lampung Timur.

Jadi agar para kepala sekolah punya bekal bisa mengelola Gugus Depan, sehingga bisa memberi motivasi kepada guru-gurunya. Karena pada dasarnya guru adalah pembina berdasarkan Permendikbud tahun 2014 nomer 63, bahwa dinyatakan semua guru pendidikan dasar sampai menengah, harus pembina Pramuka.”Pungkas Jarwo. (Roni)