Kebakaran Hutan TNWK Lampung Timur Berhasil Dipadamkan 

10232

Lampung (Bumi1.com) Kebakaran yang melanda wilayah kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, saat ini  berhasil dipadamkan oleh tim pemadam,  Jum’at (25/11/2022).

Kebakaran tersebut diperkirakan membakar puluhan hektare kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur. Karena terbakar sejak Rabu (23/11) lalu. 

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution melalui Wakapolres, Komisaris Polisi (Kompol) Sugandhi Satria Nugraha mengatakan api berhasil dipadamkan pada Kamis (24/11) sore kemarin.

“Tadi sore api berhasil dipadamkan sejak kebakaran yang terjadi pada Rabu kemarin,” Kata Kompol Sugandhi dalam paparanya.

Gandhi menjelaskan untuk  wilayah yang berhasil dipadamkan yakni di Resort Susukan Baru, Desa Rantau Jaya Udik II dan Kecamatan Sukadana.

Dari pendataan sementara Polres Lampung Timur, kebakaran diketahui sudah meluas di Resort Susukan Baru sejak Rabu sekitar pukul 18.00 WIB, “Ujarnya.

“Titik api kebakaran mulai terlihat sekitar pukul 11.00 WIB. Diduga, lantaran vegetasi di wilayah tersebut didominasi rumput ilalang dan semak belukar, api langsung merembet serta meluas ke sejumlah lokasi.

Pemadaman api memakan waktu hingga 18 jam dikarenakan medan menuju lokasi sulit dilalui kendaraan roda empat dan angin bertiup kencang sehingga api cepat menyebar.

Polres Lampung Timur Polda Lampung, telah mengerahkan 42 personil untuk membantu pemadaman api selama dua hari di lokasi tersebut dengan peralatan seadanya.

Sedangkan luas area hutan yang terbakar, belum bisa dipastikan karena masih menunggu tim pengukur dari Balai TNWK, “Tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan hektare lahan di dalam kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur terbakar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari warga desa setempat, lokasi kawasan yang terbakar ada di Resort Toro Projo dan Resort Susukan Baru.

Salah satu warga Desa penyangga kawasan TNWK, Wandhi (36) tahun mengungkapkan, kebakaran telah terjadi sejak Rabu (23/11) sore kemarin, “Ucapnya.  (Erwan)