Resmi, Pelat Kendaraan Pribadi Warna Putih Mulai Berlaku Di Lampung

1068

Lampung (Bumi1.com) Bertepatan dengan momentum HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Polda Lampung resmi mengumumkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat warna putih mulai berlaku di Provinsi Lampung, Jum’at  (23/09/2022).

Hal ini diungkapkan Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadir Lantas) Polda Lampung, AKBP Muhammad Ali saat ditemui usai syukuran HUT Lalu Lintas di Gedung Ditlantas Polda Lampung.

“Iya benar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat warna putih sudah secara resmi berlaku di daerah Lampung,” Ucapnya mendampingi Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Medyanta pada Kamis (22/09).

Menurutnya, ada beberapa daerah sudah lebih awal memberlakukan pelat putih. Saat ini Lampung pun sudah resmi bisa mencetak pelat warna putih.

Perlu diketahui, perintah pemberlakuan pelat putih di Lampung sejak beberapa waktu lalu, namun baru disampaikan ke publik saat ini. Untuk kendaraan yang pelat hitam tetap dipakai.

” Nantinya pada saat pergantian STNK atau saat bayar pajak, diganti STNK sekaligus TNKB warna putih. Ali juga mengingatkan masyarakat untuk tidak panik jika pelatnya masih berwarna hitam, ” Ujar AKBP Ali seperti dilansir dari Kumparan.

Mantan Kapolres Temanggung, Jawa Tengah ini juga tak menyarankan pelat kendaraan dicat mandiri. Apalagi, jika warna TNKB di STNK masih warna hitam

“Untuk kendaraan yang memakai pelat putih tidak resmi dari Samsat, nanti kita akan tertibkan. Jadi, yang pastinya jika pelat putih itu di STNK-nya juga warna TNKB-nya putih,”Jelasnya.

Mengenai sanksi tilang jika kedapatan mengecat sendiri, Ali mengungkapkan hal tersebut bakal dikoordinasikan lagi. “Kalau sanksi tilang, nanti kita koordinasikan, mungkin awal pelaksanaan kita masih sosialisasi dengan masyarakat.

Dalam hal ini Wadir Lantas juga tak menyebut golongan kendaraan yang akan didahulukan ganti pelat putih. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat semuanya sama.

“Tetap didahulukan yang memang massa berlaku STNK sudah habis. Tetapi untuk nanti, beberapa dari Polres atau Samsat jajaran. Apabila material pelat hitam masih itu masih pakai pelat hitamnya, sampai habis,” Pungkasnya. (*)