Hj. Winarni Nanang Dikukuhkan Sebagai Bunda Salud Di Peringatan HPN

1037

Lampung (Bumi1.com) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto resmi dikukuhkan sebagai bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud), Selasa (20/09/2022).

Diselenggarakan dari Balai Keratun Kompleks Kantor Gubernur Lampung, acara pengukuhan tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022 dengan mengangkat tema “Bangkit Maju Bersama”.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Subogo selaku ketua Pelaksana melaporkan, Program Bunda Salud adalah upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas.

” Kecelakaan menjadi nomor 2 penyebab kematian setelah jantung, dan angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi 61 persen disebabkan oleh faktor human eror atau kelalaian dan tidak tertib nya pengendara berlalu lintas,” Ucap Bambang.

Pelantikan tersebut diawali oleh Riana Sari Arinal yang dikukuhkan lebih dulu
sebagai bunda Salud Provinsi Lampung oleh Kepala Badan Kebijakan Transoprtasi Kementerian Perhubungan Dr. Umar Haris, SH., MM. MH.

Sedangkan Hj. Winarni Nanang Ermanto bersama bunda dari 14 Kabupaten/Kota lainnya dikukuhkan sebagai bunda Salud oleh bunda Salud Provinsi Lampung Riana Sari Arinal yang disertai dengan pemasangan slempang dan pembacaan Surat Keputusan.

Hadir pada Kegiatan tersebut Kepala Badan Kebijakan Transoprtasi Kementerian Perhubungan Dr. Umar Haris, SH., MM. MH, Sekertaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, terlihat hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan M.Darmawan.

Bunda Salud Provinsi Lampung Riana Sari Arinal yang pada kesempatan tersebut baru saja dikukuhkan dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya program ini diharapkan anak-anak sejak dini bisa memahami tentang lalu lintas.

Dirinya juga mengungkapkan Bunda Salud Kabupaten/Kota diharapkan menciptakan inovasi yang dapat menumbuhkan sikap semangat kemandirian dan disiplin yang menjadi kunci dasar dan tertib lalu lintas.

“Bekerja sama dengan lintas sektor khususnya pendidikan untuk menyisipkan program SALUD di kurikulam dasar di sekolah,” Ungkapnya.

Riana yang juga selaku Ketua TP PKK Riana menghimbau, kepada Ketua TP PKK Kabupaten pada saat bertemu dengan masyarakat bisa memberikan pemahaman tentang lalu lintas.

Sementara kepala Badan Kebijakan Transoprtasi Kementerian Perhubungan Umar Haris dalam sambutan menyampaikan terimakasih serta mengapresiasi dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

“Ini merupakan upaya membantu pemerintah memberikan pemahaman tentang tertib lalu lintas kepada masyarakat serta untuk mengurangi angka kecelakaan dengan memberikan pemahaman lalu lintas kepada masyarakat,”Ucap Haris.

Dirinya juga menerangkan, Kementerian Perhubungan lewat Dirjen Perhubungan Darat juga telah bekerjasama dengan Dirjen pendidikan Paud.

” Kementerian Perhubungan juga sudah bekerjasama dengan Dirjen Pendidikan Paud untuk mensosialisasikna program Salud ini,” terangnya ” Diharapkan dengan dikukuhkan nya Bunda Salud anak anak memahami perilaku lalulintas hingga mereka dewasa dan juga memberikan bimbingan teknis kepada para guru,” Tutupnya. (Rls/Jhony)