Seluruh Bumdes Di Lamtim Mengacu Perda Lama

1073

Lampung (Bumi1.com) Peraturan Daerah (Perda) no 11 tahun 2016 masih digunakan sebagai payung hukum untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Lampung Timur hingga tahun ini, Minggu (18/09/2022).

Hal itu yang disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) hukum Pemerintah Kabupaten Lampung Timur Ketut Budiase tentang Peraturan Daerah (Perda) Bumdes di tahun 2022 sekarang ini.

Kabag hukum Pemerintah Kabupaten Lampung Timur Ketut Budiase, saat dikonfirmasi apakah pejabat setingkat Camat dan para Kepala Desa (Kades) sudahkah memahami isi dari Perda No 11 tahun 2016 tersebut.

Ketut menjawab, untuk mengenai hal tersebut bukan ranah saya melainkan tanyakan langsung ke Dinas PMD, “Kata Ketut Budiase, sambil memberikan arahan kesana.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) pemberdayaan ekonomi Kabupaten Lampung Timur, Sugiyanto saat ditemui diruang kerjanya mengatakan saya sangat yakin pejabat setingkat Camat dan Kepala Desa (Kades) bisa memahami apa yang terkandung dalam penjabaran isi Perda No 11 tahun 2016 tersebut.

Mengapa saya katakan seperti itu, dikarenakan saya menjadi Kabid pemberdayaan ekonomi pada bulan September 2011. Dan ketika itu juga kegiatan di era saya terkendala Refocusing, ” Kata Sugiyanto pada Jum’at (16/09).

Lanjut Sugiyanto, dii Kabupaten Lampung Timur memiliki 264 Desa. Sedangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) nya berjumlah 261. Ditiga Desanya lagi sedang memproses pembentukan Bumdes,”Ucapnya.

Saat ditanyak dari 261 Bumdes yang ada di Lampung Timur ada berapa jumlah Bumdes yang masih produktif dan ada berapa yang matisuri. Sugiyanto diam enggak menjawab pertanyaan ini.(Bunyamin)