Ini Penjelasan Kabag Hukum Pemkab Lamtim Tentang BuMdes

10120

Lampung (Bumi1.com) Kabupaten Lampung Timur memiliki 264 Desa yang terdiri dari 24 Kecamatan, disetiap Desanya memiliki Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Secara teori otomatis dalam prakteknya memiliki 264 BumDes, Jum’at (17/09/2022).

Kepala Bagian Hukum (Kabag Hukum) Pemkab Lampung Timur Ketut
Budiase kepada Bumi1.com diruang kerjanya mengatakan payung hukumnya dalam mengawal perjalanan BumDes mengacu pada peraturan Pemerintah No 11 tahun 2016.

Kemudian dengan adanya PP No 11 tahun 2021, dimana ada istilah BUmdes bersama. Sementara Perda No 11 tahun 2016 belum ada BuMdes bersamanya. Sehingga dalam kesepakatan dengan DPRD tahun kemaren kita tuangkan dalam program daerah tahun 2022.

“Yang salah satunya membentuk Perda tentang BuMdes, dimana didalamnya mengatur Bundes Bersama, “Kata Ketut pada Rabu (14/09) dalam paparannya.

Lanjut Ketut, dalam kesepakatan tahun 2021 Perfrom itukan disusun diakhir tahun, kemudian ditahun berikutnya itu baru dilaksanakan pembentukan Perdanya. Nah ditahun 2022 ini salah satunya adalah membentuk Perda tentang BuMdes.

Dimana nantinya ada hal-hal yang diatur salah satunya BuMdes bersama karena yang lama belum ngatur itu. Kemudian dalam perkembangan jadi perlu dikaji dilengkapi dengan kajian, “Ungkapnya.

Ketut menambahkan, untuk membentuk naskah harus dibutuhkan kajian akademik keterangan yang bersifat akademik, kemarin itu UPD yang membidangi Dinas PMD bersepakat melengkapi dengan kajian akademis dulu.

“Termasuk juga disitu kaitan dengan anggaran keadaan APBD kita sekarang ini, jadi disepakati bahwa untuk Perda BuMdes pembentukannya di tunda, tetapi mudah-mudahan ditahun 2023 Dinas PMD akan mengajukan atau mengusulkan lagi ke Perfrom, “Pungkasnya. (Bunyamin)