Puluhan Guru Se-Lamtim Ikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut

10303

Lampung (Bumi1.com) Majalah Suara Guru Puspita-T kembali mengadakan pelatihan Jurnalistik tingkat lanjut guru se- Kabupaten Lampung Timur, yang bertemakan “Dengan Kata Jelajah Dunia Dengan Lensa Jelajah Semesta,” bertempat di aula kantor Korwil Bandar Sribhawono, Minggu (07/08/2022).

Dalam kegiatanya, selain dibuka oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur juga menghadirkan dua pemateri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Timur Arif Eko Yulianto dari Lampung1.com dan Editor Majalah Suara Guru Puspita-T Yeni Sulistiyani.

CEO Majalah Suara Guru Puspita-T, Agus Setiyo Budi,S.Pd.,MM kepada Bumi1.com mengatakan, kegiatan kita ini merupakan agenda lanjutan Puspita-T pasca diklat Jurnalistik tingkat dasar di beberapa waktu lalu.

“Yang diikuti sebanyak 35 guru dari berbagai jenjang, diantaranya SD, SMP dan SLTA mengikuti kegiatan diklat Jurnalistik tingkat lanjut. Secara resmi, kegiatan diklat Jurnalistik tingkat lanjut dibuka oleh Kadis Pendidikan Lampung Timur.

Lanjut Agus, memasuki materi sesungguhnya, diisi oleh dua pemateri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Timur Arif Eko Yulianto dan Editor Majalah Suara Guru Puspita-T Yeni Sulistiyani.

Para peserta mulai disuguhi oleh materi yang sedikit bertambah level dari materi dasar yang sudah diperoleh peserta di diklat Jurnalistik dasar pada waktu lalu,  “Kata Agus dalam paparannya.

Agus menjelaskan, untuk pemateri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamtim Eko Arif Yulianto dari Lampung1.com memberikan tentang teknik cepat menulis berita yang disampaikan secara terstruktur dan sistematis.

Selanjutnya para peserta langsung diajari menulis berita menggunakan metode piramida mulai dari penempatan judul, teras berita, isi berita hingga memberikan informasi tambahan, “Ucapnya.

Untuk menguji pemahaman peserta tentang materi yang disampaikan, Pemateri menugaskan peserta untuk menuliskan berita hard news yang sedang berlangsung.

Peserta harus mengerjakan tugas layaknya reporter yang sedang ditunggu oleh redaksi. Peserta membacakan hasil tugasnya yang kemudian dikomentari secara langsung oleh pemateri.

Agus berharap kepada semua peserta pelatihan ini akan menjadi bagian dari Puspita-T, sebagai Pioner dari masing-masing sekolah. Sebagai Jurnalis sekolah, hingga kelak Lampung Timur akan lebih dikenal lagi di kancah Nasional, “Pintanya.

Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur, Marsan, S. Pd.Ing dalam sambutannya mengatakan saya apresiasi yang mendalam kepada Majalah Suara Guru Puspita-T tentang terselenggaranya kegiatan hari ini.

Marsan berharap,  kedepan dengan terlaksananya kegiatan ini, akan lahir Jurnalis-Jurnalis guru yang akan mengabarkan tentang Lampung Timur di kancah Nasional dan akan lahir Yeni-Yeni lainnya, yang sudah memiliki banyak karya di bidang tulisanya,”Kata Marsan.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Lampung Timur Marsan,S.Pd.Ing, Anggota DPD/MPR RI dr.Jihan Nurlela, Korwil Bandar Sribhawono Ibrahim, CEO Majalah Suara Guru Puspita-T, Agus Setiyo Budi,S.Pd.MM, Editor Majalah Suara Guru Puspita-T Yeni Sulistiyani, M.Pd  dan para peserta guru dari tingkat SD, SMP, SLTA yang mengikuti diklat Jurnalistik. (Roni)