Menyambut Lamsel Expo 2022, P2WLS Kembali Lakukan Aksi Gotong Royong

1025

Lampung (Bumi1.com) Dalam rangka menyongsong Lampung Selatan Expo 2022, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan gotong royong di kawasan Way Handak Expo, yang berlokasi di Kelurahan Wai Lubuk, Kecamatan Kalianda. Aksi ini didampingi langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) itu merupakan gabungan berbagai perangkat daerah diantaranya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Lingkungan Hidup Daerah, Badan Penanggulan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Kominfo dan jajaran terkait lainnya.

Dalam aksi gabungan tersebut, nampak seluruh anggota gotong royong sangat bersemangat dan saling bekerjasama membersihkan kawasan Way Handak Expo, mulai dari memotong rumput, merapikan pepohonan, mengumpulkan sampah hingga mengangkut sampah dengan truk pengangkut yang telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Muhadi mengatakan, gotong royong para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lampung Selatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan. Apalagi, saat ini pemerintah daerah tengah giat membenahi beberapa wilayah yang akan dijadikan sebagai wisata unggulan.

“Gotong royong ini dilaksanakan setiap ada kegiatan, maupun tidak ada kegiatan ini namanya pasukan gerot yang dibentuk oleh bapak Bupati Lampung Selatan. Apapun bentuknya selalu dengan sistem gotong royong. Ini untuk memajukan Kabupaten Lampung Selatan, ini yang ditekankan, apabila Lampung Selatan maju, PAD Lampung Selatan juga akan meningkat,” Kata Mulyadi saat ditemui di lokasi, Minggu (07/08/2022).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan Mulyadi Saleh mengatakan, kegiatan gotong royong tersebut merupakan program Gerot Wisata (Gerbrak Gorong Royong Terpadu Menuju Wisata Berkelanjutan) Lampung Selatan, yang telah dilaksanakan rutin dalam beberapa bulan terakhir di sejumlah lokasi wisata.

“Ingin memberikan apa yang kita punya, sehingga Lampung Selatan Expo ini bisa bersih melalui program dari pak Bupati yaitu Gerot Wisata, Gebrak Gotong Royong Menuju Wisata Berkelanjutan,” Katanya.

“Karena ini juga akan menjadi wisata buatan, hari ini hampir 200 petugas yang turun. Kita bersatu, gotong royong agar lokasi Way Handak Expo bisa menjadi salah satu wisata unggulan yang bisa kita jual sampai ke tingkat nasional,” Ungkapnya.

Mulyadi menyebut, aksi gotong royong tersebut akan dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh tempat wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Namun, khusus dalam menyambut Lampung Selatan Expo 2022 ini, seluruh tim P2WLS akan difokuskan untuk membersihkan kawasan Way Handak Expo.

“Kegiatan ini akan kita lakukan secara berkesinambungan. Ini lokasi ke-7 pelaksanaan Gerot Wisata. Untuk di Lampung Selatan Expo kita akan berkelanjutan minimal satu minggu itu satu kali, di hari jum’at, untuk hari lainnya masih tentatif. Apalagi kalau sudah mendekati hari pelaksanaan Lampung Selatan Expo, akan kita genjot, mungkin bisa setiap hari kita gotong royong,” Ujarnya.

Dirinya mengatakan, potensi yang ada di Lampung Selatan tak kalah dengan wisata-wisata unggulan di tempat lain, sehinga melalui acara Lampung Selatan Expo 2022 yang dikemas bertaraf nasional itu diharapkan bisa mengundang orang untuk berkunjung dan berwisata di Lampung Selatan.

“Nanti disini ada juga semacam live musik, yang didatangkan dari artis-artis ibu kota, ada pameran stand, nanti juga informasinya ada pasar malam juga, pokoknya masyarakat yang datang kesini nanti gak akan menyesal,” Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Aryantoni menambahkan, momentum tahunan tersebut diharapkan dapat menggangkat produk UMKM Lampung Selatan, sehingga mampu bersaing dengan berbagai produk luar daerah lainnya.

“Kita akan memperkenalkan seluruh produk UMKM yang ada di Lampung Selatan agar produk itu bisa dikenal oleh masyarakat luar, khususnya luar daerah Provinsi Lampung. Akan kita jadikan disatu tempat sehingga masyarakat ini gak perlu muter muter. Kemudian, kita juga akan sortir produk-produk mana yang sudah bagus kemasannya,” Jelasnya. (Rls/Jhony).