Desa Sumur Kucing Bagikan BLT DD Secara Simbolis Oleh Bupati

1026

Lampung (Bumi1.com) Program Dana Desa (DD) tahun 2022 di Desa Sumur Kucing Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur, yang anggaranya mencapai Rp.1.213.923.000 ini difokuskan untuk BLT DD, pembangunan rehabilitasi gedung Poskesdes, Kegiatan Desa siaga Covid, Bimtek operator smart village dan Pelatihan peningkatan kapasitas BPD.

Hal itu dikatakan kepala Desa Sumur Kucing diruang kerjanya usai acara pembagian BLT DD yang langsung dibagikan secara simbolis oleh Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo di aula Desa setempat, Rabu (03/08/2022).

Dari beberapa program yang dilaksanakan oleh pihak Desa itu menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat melalui kerekening Desa langsung.

Kepala Desa Sumur Kucing Ad Suroto mengatakan hari ini pembagian BLT DD langsung dibagikan secara simbolis oleh Bupati Lampung Timur H. Dawam Raharjo kepada penerimaan manfaat (KPM) yang berjumlah 135 di Desa kita.

Program Dana Desa (DD) tahun ini sudah di laksanakan untuk membangun rehabilitasi gedung Poskesdes, Kegiatan Desa siaga Covid, Bimtek operator smart village, Pelatihan peningkatan kapasitas BPD dan penyaluran BLT DD dengan jumlah 135 penerima KPM.

Total dana kucuran dari Pemerintah untuk Desa Sumur Kucing di tahun 2022 ini mencapai Rp. 1.213.923.000, yang di alokasikan untuk Bidang penyenggaraan Pemerintah Desa Rp.43.270.000, Bidang pelaksanaan pembangunan Rp.174.173.000, Bidang pembinaan masyarakat Rp.13.275.000, Bidang pemberdayaan masyarakat Rp.6.200.000 dan Bidang penanggulangan bencana darurat dan Rp.121.500.000, “Ucapnya.

Lanjutnya, untuk realisasi program DD yang sudah dilaksanakan ditermin pertama hingga termin kedua ini sekarang seperti kegiatan smart village realisasinya 100%, Pembagian insentif kader, Rehabilitasi gedung Poskesdes mencapai 85%, Kegiatan Desa siaga Covid, Bimtek operator smart village, Pelatihan peningkatan kapasitas BPD dan penyaluran BLT DD dengan jumlah 135 KPM.

Kami berpesan kepada masyarakat Desa Sumur Kucing yang mendapat bantuan BLT Dana Desa (DD) agar dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat menambah kebutuhan hidup sehari-hari.

Terkait adanya gedung Poskesdes yang sudah direhap ini semoga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada dan antusias warga untuk berkunjung di kegiatan Posyandu seperti ibu-ibu hamil dan Posbindu yang dilaksanakan di gedung ini. Sehingga bisa terwujud kesehatan warga yang lebih maksimal,”Paparnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Timur H. Dawam Rahardjo, Sekertaris Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Triwahyu Handoko, Sekertaris P3AP2KB Lampung Timur Titin Wahyuni, Camat Pasir Sakti Suparlan, Kepala Desa Sumur Kucing AD Suroto, Anggota Polsek Pasir Sakti dan masyarakat penerima KPM BLT DD.(Erwan)