Pendukung Ustad Abdul Somad Demo Di Jakarta

1028

Jakarta (Bumi1.com) Aksi protes atas penolakan Ustad Abdul Somad berkunjung ke Singapura terlihat di beberapa kota. Seperti di Jakarta dan Medan nampak sedang aksi demo dijalan.

Dalam hal itu pendedemo menentang upaya Singapura baru-baru ini menolaknya masuk karena dinilai ada sejarah ajaran ekstremis, Senin (23/05/2022).

Di Medan, pedemo berkumpul di Masjid Raya Medan sebelum berbaris menuju KJRI Singapura. Pedemo membawa plakat bertuliskan Usir Duta Besar Singapura, Boikot produk Singapura, Sarang penjahat Singapura, Singapura adalah tanah Melayu bukan milik Cina dan Singapura jahat.

Pendemo Aliansi Ormas Islam Sumatera Utara ini mengatasnamakan berbagai kelompok di seluruh Provinsi. Dalam video berdurasi 45 detik yang diposting di Twitter, seorang pengunjuk rasa terlihat berbicara melalui pengeras suara dan menunjukkan popularitas Somad di luar Indonesia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) mencatat dalam sebuah pernyataan demonstrasi di sekitar Kedutaan Besar Singapura di Jakarta dan Konsulat Jenderal di Medan, bahwa aparat penegak hukum Indonesia berjaga-jaga. “Pemerintah Singapura memantau dengan cermat situasi.

Demonstrasi tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas penolakan masuknya pendakwah Indonesia Abdul Somad Batubara ke Singapura pada 16 Mei 2022. Kementerian Dalam Negeri Singapura telah mengeluarkan pernyataan pada 17 Mei 2022 yang berisi sikap Singapura terkait hal tersebut.

“Masuknya seorang pengunjung ke Singapura itu tidak otomatis atau hak. Setiap kasus dinilai berdasarkan kemampuannya sendiri.

Pemerintah Singapura memandang serius setiap orang yang menganjurkan kekerasan atau mendukung ajaran ekstremis dan segregasi,” Kata juru bicara MFA seperti dilangsir dari grup Siberindo.co.

Kapolres Medan Kombes Valentino Alfa Tatareda mengatakan ada 900 polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan selama demo. “Supaya situasinya aman.

Kapolres menambahkan, perwakilan pengunjuk rasa, bersama ulama Hasan Matsum, Ketua Majelis Ulama Indonesia Cabang Medan itu berhasil bertemu dengan Konsul Jenderal Singapura Richard Grosse di Medan, atas permintaan para demonstran.

Di Jakarta, demo juga terjadi dengan beberapa memegang spanduk, melakukan protes di depan Kedutaan Besar Singapura di tengah hujan lebat, “Kata Kombes Valentino.(*)