Perangkat Desa se-Kecamatan Wayjepara Dapat Pelatihan Bimtek

1069

Lampung (Bumi1.com) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Timur mengadakan pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada kepala Desa se-Kecamatan Way Jepara bertempat di aula SMAN 1 Jepara, Senin (27/12/2021).

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber seperti dari Polres Lampung Timur, Kejaksaan Negeri Sukadana, Ditjen Bina Pemdes,  Kemendagri, UPTD pusat layanan usaha terpadu (KUMKM) Provinsi Lampung.

Staf Ahli bidang Pemerintahan hukum dan politik Lampung Timur Syahrul Syah,S.Pd saat di wawancarai kepada Bumi1.com mengatakan Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa dan lembaga Desa.

Disini ada yang akan kita tingkatkan terkait pelayanan dari bidang Tipikor. Karena ini sangat diperlukan untuk perangkat Desa, mana yang boleh mana yang tidak boleh.

Jadi jangan sampai perangkat Desa salah melangkah dalam menjalankan tugas- tugas pembanguan di Desa, sehingga bisa menerapkan keuangan administrasi Desa dengan benar.”Kata Syahrul.

Contoh kecil saja misalkan, ada aparatur perangkat Desa tidak mengetahui ada sisa lebih anggaran dari pembelian, beli batu misalkan belinya seratus lima puluh ternyata dia dapat harga beli seratus tiga puluh.

Kan ini masih ada sisa lebihnya dari pembelanjaan tersebut, seharusnya sisa lebihnya itu dimasukan ke kas Desa, sehingga tidak terjerumus dalam urusan pidana.

Maka dari itu kita bersama-sama mengadakan pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada perangkat Desa, “Ungkapnya.

Sementara Zainal Ependi ketua panitia Bimtek mengungkapkan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas para perangkat Desa dibidangnya masing-masing, agar bisa ilmu yang didapat itu bisa diterapkan di masyarakat.

Pelatihan Bimtek ini diikuti 15 Desa di Kecamatan Way Jepara, dari setiap Desa itu pesertanya yang mengikuti Bimtek ada delapan orang, disetiap bidangnya dua orang dua orang, “Jelas Zainal.

Untuk jenis bimbinganya seperti Tipikor, Bumdes, pengadaan barang dan jasa (PBJ), Pengelola keuangan yang sumber kegiatanya ini bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 yang dilaksanakan selama dua hari.

Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini para peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bisa diterapkan nanti dimasa kerjanya pada saat pelaksanaan di bidangnya masing-masing, “Pungkasnya.

Ditempat yang sama ketua Forum kepala Desa Way Jepara Darusman, menjelaskan minimnya sumber ilmu pengetahuan yang didapat, akan tetapi ilmu yang diberikan oleh tingkat Kabupaten itu belum cukup.

Dikarenakan setiap peserta ini belum tentu orang lama, kalau dia orang lama sudah pasti sering ikut pelatihan, dari dua atau tiga tahun yang lalu, “Ucap Darus.

“Mungkin akan lebih faham, tetapi kalau dia orang-orang baru tentunya juga harus mendapatkan ilmu tambahan dari ikut pelatihan ini. “Jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati Syahrul Syah,S.Pd, Kadis PMD Lampung Timur Yudi Irawan, Camat Way Jepara Untung Supeno,SE., KBO Reskrim Polres Lampung Timur Aiptu Ketut Darmayasa, Anggota Polsek Way Jepara Bripka Aridon, Anggota Koramil Way Jepara Serda Juwanto dan Kepala Desa se-Kecamatan Way Jepara beserta para peserta Bimtek. (Roni)