Kabid P2PTM Lamtim Katakan Kegiatan Vaksinasi  Dipusatkan Pada Puskesmas  

1031

Lampung (Bumi1.com) Kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur dalam mewujudkan penanganan Covid -19 sangat konsisten. Untuk merealisasikan Desa sehat dan sejahtera melalui Desa aman Covid 19, Selasa (21/12/2021).

Untuk itu Desa di wajibkan menganggarkan dana untuk penanganan Covid -19, yang di alokasikan dari Dana Desa (DD) di tahun anggaran 2021, “Kata Sartono selaku kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Penyakit Tidak Menular ((P2PTM) Dinas Kesehatan Lampung Timur.

Terkait pertanyaan kepala Desa Braja Gemilang, Lasito yang mengeluh kegiatan penyelenggaan vaksinasi Covid – 19 untuk biaya konsumsi di Desa Braja Gemilang Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinas Kesehatan Lampung Timur Sartono saat dikonfirmasi mengatakan bahwa anggarannya hanya sampai sebatas di Puskesmas saja. Artinya yang di biayai hanya petugas Faksinator dan Puskesmas saja.

Untuk program vaksinasi Covid -19 di pusatkan pada penyelenggaranya di Puskesmas. Jika pelaksanaannya  di lakukan di tingkat Desa, otomatis pendanaan dari Desa tersebut. Terkecuali untuk vaksin dan Faksinatornya itu di siapkan dari Kabupaten.”Ucap Sartono.

Lanjut Sartono, contohnya ketika ada kegiatan vaksinasi, seorang Camat bertanya tentang anggaran jika Desa yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19.

Kapolres mengatakan, dalam menjawab pertanya tersebut, anggarannya bisa di ambil dari Dana Desa (DD) sebesar delapan persen. “Ujar Sartono, mengutip keterangan Kapolres.

Menurut keterangan Sartono, sasaran program Vaksinasi Covid -19 di Kabupaten Lampung Timur sejumlah 830. 734. Sedangkan targetnya minimal 70 persen.” Pungkasnya. (Bunyamin)