Camat Labuhan Maringgai Dampingi Bupati Acara Nadran Ke 39

10138

Lampung (Bumi1.com) Camat Labuhan Maringgai menghadiri kegiatan Tasyakuran laut (Nadran) ke-39 di lapangan tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, Kamis (16/12/2021).

Dalam kegiatanya selain menghadiri Nadran, Camat Labuhan Maringgai juga mendampingi Bupati Lampung Timur dalam rangka larung sesajen di laut sebagai tanda syukur para nelayan Muara Gading Mas.

Ketua pelaksana Tasyakuran laut (Nadran) Nuryanto kepada Bumi1.com mengatakan kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak instansi terkait yang telah mendukung terselenggaranya acara Tasyakuran laut (Nadran) di Muara Gading Mas.

“Terutama kepada Bupati dan Forkopinda serta Forkompincam Labuhan Maringgai. Karena Nadran ini salah satu kegiatan tahunan yang sudah membudaya bagi masyarakat nelayan disini.

Tasyakuran laut ini sudah yang ke 39 tahun, jadi sudah selayaknya kita setiap tahunnya menyenggarakan Tasyakuran laut (Nadran). “Anggaran semuanya kita dapat ini dari hasil swadaya masyarakat nelayan, tahun ini memang tidak ada bantuan anggaran dari Dinas Pariwisata,”Kata Yanto kepada Bumi1.com.

Ini sudah menjadi budaya masyarakat Desa Muara Gading Mas setiap tahunya melakukan pesta laut dengan Tasyakuran laut (Nadran). Sudah dari jama nenek moyang kita, maka dari itu sampai sekarang.

Ditahun kemaren kegiatanya terkensel karena keadaan kondisi perekonomian dan kendala Covid-19, jadi baru kita selenggarakan tahun ini selama Covid-19. “Dengan kekompakan masyarakat nelayan Desa Muara Gading Mas sehingga betul-betul kita adakan Nadran,”Ucapnya.

Dari instansi terkait sendiri kalau memberi suport atau dukungan ya selalu ada, tetapi masalah dana sama sekali tidak ada, ini murni dari dana swadaya masyarakat nelayan Desa Muara Gading Mas.

“Sesajen berupa kepala Kerbau itu untuk ritual dari jaman dahulunya kita harus mengikuti, atau sebagai tanda syukur kita kepada yang menciptakan supaya barokah dan melimpah hasil tangkapan ikanya.”Terangnya.

Sementara H.Iqbal Barhaein pembina nelayan Desa Muara Gading Mas menjelaskan saya mewakili para nelayan mengucapkan syukur alhamdulillah telah terslenggaranya Nadran, itu Nazar dan rasa syukuran para nelayan.

Sehingga kita semua bisa bersyukur kepada allah untuk meminta perlindungan para nelayan pada saat bekerja dilaut mencari ikan. Jadi kami sebagai makhluk alloh dan sesama mahluknya kita juga harus mengayomi dan menjaga ciptaannya.

Sesajen relung laut itu tadi berupa kepala kerbau sebagai budaya, jadi mari kita miliki bersama. Kepala Kerbaunya itu kita kasih mahluk alloh yang ada di dalam laut, kalau dagingnya kita makan bersama-sama dalam acara ruatan laut atau disebut Tasyakuran laut (Nadran), “Kata Iqbal.

Masyarakat nelayan disini dengan dilaksanakan Nadran itu sangat bersyukur, jadi kalau orang bersyukur itu insyaallah. Alloh akan melimpat gandakan hasilnya, kami selaku masyarakat nelayan sangat mendukung sekali acara ini diadakan setiap tahunnya.”Pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Timur H.Dawam Rahardjo, Camat  Labuhan Maringgai Agustinus Tri Handoko,SE,MM, Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Yusvin, Kasad Pol Air Polres Lamtim, DPC HNSI Lampung Timur Alfian,SH, DPD HNSI Provinsi Lampung Bayu Witara, Anggota DPRD Provinsi Lampung Asep Makmur, Kepala Dinas Kelautan, Kepada Dinas Pariwisata, UPTD Kelautan, Kades setempat Wahyono, Danpos TNI, Tokoh Agama dan masyarakat setempat. (Roni)