Progam Pembangunan DD Desa Braja Kencana Tahun 2021 Capai 98%

1089

Lampung (Bumi1.com) Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa (P3MD) di Desa Braja Kencana Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur, tahun 2021 ini sudah direalisasikan untuk pembangunan Drenase, TPT, Gorong-gorong, Jalan usaha tani dan Lapangan volly yang sudah dikerjakanya, Senin (13/12/2021).

Pelaksana Harian (PLH) Sekertaris Desa Braja Kencanan Misbahul Huda mewakili kepala Desa setempat mengatakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 ini sudah kita gunakan untuk lima titik item pembangunan.

Kegiatanya selain untuk pemberdayaan ada juga untuk pembangunan Drainase, Gorong-gorong, Program Padat Karya Tunai Desa (PPKTD), Sarana olah raga berupa lapangan Volly Ball, TPT dan BKTD yang kegunaanya untuk pembukaan jalan baru, terutama jalan usaha tani yang ada di Desa Baraja Kencana.

Lanjut Misbahul, pembangunan Draenase tahun 2021 ini kita alokasikan di dusun V dan VI karena untuk pemerataan, sebab ditahun-tahun berikutnya di dusun lain sudah terbangun kan, walaupun belum terealisasi semuanya. “Ungkapnya.

 

“Kalau gorong-gorong itu sifatnya sangat di butuhkan oleh warga, jadi kita ratakan pembangunannya dari mulai dusun 1 sampai dusun VI. Maka dari itu kita buatkan gorong-gorongnya supaya semuanya di setaiap dusun ada.

Pembuatan lapangan Volly di dusun 1 ada dua lapangan volly, yang letaknya berdekatan dengan lapangan sepak bola. PKTD nya untuk jalan usaha tani di dusun VI agar mempermudah bagi para petani untuk mengangkut hasil panen dan juga sarana prasarana transportasi usaha tani di Desa kami.”Jelasnya.

Selanjutnya untuk realisasi anggaran DD di Desa kami per Desember ini sudah hampir mencapai 98 persen, bahkan minggu-minggu ini tidak sampai satu minggu sudah tahap finising semuanya.

“Seharusnya kegiatanya itu sudah selesai dari minggu-minggu kemarin, namun karena terkendala oleh cuaca hujan terus jadi para pekerja kita tidak bisa bekerja melakukan aktivitasnya dengan terus menerus.

Kami berpesan kepada warga Desa Braja Kencana yang disekitarnya mendapatkan pembangunan dari Desa agar bisa menjaga merawat apa-apa yang sudah dibangun oleh pemerintah Desa, baik melalui dana DD maupun dana swadaya. “Itu harus dijaga dengan baik dan manfaatnya suapaya bisa dirasakan oleh masyarakat Braja Kencana. “Paparnya. (Roni)