Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Tingkatkan Kualitas Perajin Batik

106

Lampung (Bumi1.com) Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal akan terus melakukan pembinaan kepada para perajin batik ecoprint di Lampung Selatan.

Hal itu Riana Sari Arinal saat melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan pembinaan organisasi, yang dipusatkan di Pantai Kahai, Desa Batu Balak, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (09/12/2021).

Riana Sari mengatakan, berharap akan kembali berlatih kepada para perajin batik Ecoprint. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari hasil produksi.

Ia menuturkan, para perajin yang akan mengikuti pelatihan merupakan perajin terbaik dan hasil dari rekomendasi Ketua Dekranasda Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto.

“Nanti tahun depan ini lebih ke praktiknya gitu ya. Kita akan mengadakan pelatihan dan ini nanti atas rekomendasi dari ibu bupatinya. Kami akan terus bina, sehingga mereka terus memproduksi,” Kata Riana pada Rabu (08/12).

Riana Sari mengatakan, hasil dari produksi para perajin batik ecoprint nantinya akan menjadi tanggung jawab dari Dekranasda Provinsi Lampung. Namun sebelum itu, para perajin harus menjadi anggota Dekranasda terlebih dahulu.

Menurut Riana Sari Arinal, untuk menjadi anggota dari Dekranasda Provinsi, para perajin harus mampu menghasilkan produk batik yang bagus dan berkualitas. Sehingga batik ecoprint dapat dengan mudah bersaing di pasaran.

“Karena kan selamat ini mereka sudah dibina, produksi kemudian nanti dijual. Nah, untuk penjualan nanti insyaallah akan menjadi tanggung jawab Dekranasda Provinsi, tapi syaratnya mereka harus menjadi anggota kita dulu,” Ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Riana Sari juga meminta kepada para perajin agar terus meningkatkan kreativitas dalam menciptakan produk-produk batik ecoprint. Dengan demikian, akan mempermudah dalam menarik minat para konsumen.

“Nanti akan banyak pameran-pameran, teruslah berkreasi. Insyaallah nantinya akan menjadi tanggung jawab kita ya,” pungkasnya. (Jhony/Rls)