Gunung Semeru Muntahkan Abu Vulkanik, Warga Berhamburan

1021

Jatim (Bumi1.com) Gunung Semeru di Jawa Timur pada Sabtu (04/12) sekitar pukul 15.00 wib meletus dan terjadi peningkatan aktivitas abu vulkanik yang membumbung tinggi keatas, warga disekitar kaki Gunung tersebut berlarian menyelamatkan diri.

Dari beberapa video yang tersebar di media sosial dan group WhatsApp nampak warga di sekitar kaki Gunung Semeru berlarian. Dan abu vulkanik tebal tamapk menguap di udara. Dilokasi kejadian juga beberapa kendaraan nampak tebal akibat abu vulkanik tersebut.

Pasca kejadian ini belum diperoleh informasi secara detail berapa korban jiwa akibat dari bencana ini. Dari foto dan video yang beredar ada beberapa warga nampak mengalami luka bakar akibat meletusnya Gunung Semeru, Minggu (05/12/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Wawan Hadi Siswoyo, mengatakan guguran awan panas dan lahar dingin di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang ini mengakibatkan gelap sekira pukul 15.00 wib.

Selain gelap juga hujan serta aliran listrik padam. “Saat ini petugas fokus mengevakuasi warga, kejadian ini sama persis dengan yang terjadi pada tahun 2020 lalu,” Ungkapnya. (Peter)