Antisipasi Banjir, Sampah di Wilayah Bekasi Dikeruk

107

Jakarta (Bumi1.com) Musim penghujan telah lama tiba. Banjir di sejumlah wilayah biasanya selalu mengancamnya. Ini yang selalu terjadi setiap musim penghujan tiba, Minggu (05/12/2021).

Kepala UPTD Persampahan Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup Bekasi, Sumardi mengatakan, salah satu penyebab banjir di wilayah Kecamatan Tambun Utara, Tambun Selatan, Tambelang dan Sukawangi.

Itu semua karena masih rendahnya kepatuhan masyarakat disekitar bantaran sungai untuk membuang sampah pada tempatnya.

Masih sangat banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai atau kali. Inilah salah satu yang menjadi penyebabnya banjir setiap tahunnya,” Ujar Sumardi.

Meski rutin melakukan bersih-bersih sampah yang ada di kali atau sungai, dari hulu hingga ke hilir. Namun beberapa hari kemudian, sungai atau kali tersebut penuh lagi dengan sampah.

Lanjut Sumardi, dimusim penghujan ini tentunya petugas UPTD Persampahan Wilayah II harus lebih meningkatkan kegiatan bersih-bersih sampah, bukan hanya di kali atau sungai, tapi juga sampah yang ada di darat.

“Alhamdulillah setiap kami melakukan kegiatan bersih-bersih sampah, selalu mendapat dukungan dari masing- masing Muspika, khususnya dari para Camat,” Kata Sumardi seperti dilansir dari Siberindo.co.

”Kami dan Muspika memang selalu bersinergi. Setiap kami lakukan kegiatan bebersih sampah Camat selalu mendukung. Sebaliknya, setiap kali Camat meminta bantuan untuk membersihkan sampah, kami selalu respon dengan cepat.

Sementara dalam kegiatan pengerukan sampah di wilayah Tambun Utara, Camat Najmudin memberi apresiasi atas kinerja UPTD Persampahan Wilayah II dibawah komando Sumardi sebagai Ketua UPTD.

“Ini beneran, saya simpatik dan apresiasi atas kinerja UPTD Persampahan Wilayah II yang selalu responsif,” Ujar Najmudin. (Agus)