Waktu Sudah Habis, Bendungan Irigasi Punago Belum Kelar

105 Kali Dilihat

Sumbar (Bumi1.com) Pekerjaan rehabilitasi Bendungan Irigasi Punago Nagari Batu KambingKecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Sumatra Barat, dikerjakan oleh CV. Azzaq Aulian Pratama, Jum’at (26/11/2021).

Pekerjaan ini diharapkan oleh masyarakat, pihak kontraktor harus mampu menyelesaikan pekerjaanya agar bermanfaat bagi para petani.

Pj. Wali Nagari Batu Kambing Yurnalis, S.IP, yang juga didampingi Wali Jorong Kamparcan Dedi Suhendi, tokoh masyarakat Zumri, ketika meninjau proyek tersebut pada Kamis (25/11) berharap pembengunan bendungan irigasi yang berlokasi di Nagari Sitalang ini dapat diselesaikan.

Sebab, untuk turun kesawah, warga menunggu air irigasi yang bersumber dari bendungan ini. Proyek yang diawasi langsung oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Agam ini, kontrak kerjanya sudah habis tertanggal 20 Oktober 2021. “Kata Yurnalis seperti dilangsir dari grup Siberindo.co.

“Sesuai dengan nota kontrak nomor 4.2.01/III/DPUTR.AG/V/2021, proyek ini dikerjakan selama 150 hari kalender, terhitung semenjak 24 Mei 2021. Meski sudah melampaui batas waktu, namun hingga akhir November ini pekerjaan pembangunan bendungan irigasi Punago juga belum selesai.

Karena petani dan rumah tangga lainnya, daerah itu sangat butuh bendungan ini sebagai penyedia air untuk lahan sawah, berdasarkan hasil kesepakatan dalam rapat dengan tokoh masyarakat dan ninik-mamak, waktu pekerjaan diperpanjang hingga Desember 2021.

Proyek itu dibangun melalui pembiyayaan DAK tahun 2021 dengan jumlah nilai Rp655.852.000. Walau waktu pengerjaan sudah diperpanjang hingga Desember 2021, ternyata hasil pekerjaan yang dikerjakan kontraktor belum mampu mengejar target untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai target kontrak.”Papar Yurnalis.

Sesuai janji, sudah lama menunggu hingga zohor, namun pihak PUTR Kabupaten Agam dan rekanan juga tidak nongol, akhirnya rombongan, diiringi beberapa media kembali pulang, tanpa membawa suatu hasil yang dapat dipedomani.(*)