Sertani Bersama Pokdarwis GrebeQ Ayem Gelar Panen Perdana

10150 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Serikat Tani Indonesia (Sertani) bersama Pokdarwis GrebeQ Ayem menggelar panen perdana dalam uji coba menggunakan pupuk organik dengan benih Sertani/MSP 13.

Kegiatan panen perdana ini bertempat di dusun V Desa Mataram Baru, Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur, Minggu (21/11/2021).

Penasehat Sertani, Anang Prihantoro kepada Bumi1.com mengatakan untuk kedepannya setelah diadakan musyawarah rapat Serikat Tani Indonesia (Sertani), kita akan adakan gerakan yang menonjol seperti organik menyelamatkan bumi.

Bahwa gerakan petani organik itu tidak pernah merusuhi Pemerintah, namun kemandirian lah yang di tonjolkan untuk Serikat Tani Indonesian.

“Kebetulan sekarang ini ketua umumnya anggota DPRD Kabupaten Lampung Timur dari partai Nasdem. “Kata Anang dalam keteranganya.

Bagaimanapun harus memastikan supaya jaringan-jaringan dengan teman Serikat Tani Indonesia (Sertani) memberikan masukan secara mandiri dalam kegiatan budidaya pertanian organik agar menjadi suatu prioritas dan paling utamanya. “Tutup Anang.

Sementara Camat Mataram Baru Sriyati,S.Km mengatakan saya langsung melihat panennya ternyata lebih bagus, jadi saya berharap kepada para petani- petani ini jangan menggunakan bahan kimia kalau menggunakan pupuk organik aja sudah bagus hasil panenya.

Dalam penggunaan pupuk organik ini bisa membuat lahan yang tadinya tandus menjadi tetap subur. “Untuk pemakaian pupuk organik ini tidak terlalu mengeluarkan biaya mahal-mahal dan bisa mengurangi pengeluaran, dari harga jual padinya pun bagus.”Ucap Sriyati.

Untuk lahan persawahan disini itu ada sekitar 500 hektar, apa lagi dengan masa panen yang cukup singkat cuma 120 hari sudah panen. Artinya dalam satu tahun itu kita bisa panen tiga kali bisa dipercepat.

Dikarenakan pengairannya ditempat kita ini bagus irigasinya, insya Allah bisa membuat masyarakat petani semakin makmur. “Pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Camat Mataram Baru Sriyati,S.,Km, Kades Mataram Baru Mamin Sudarmin, Ketua Serikat Tani Indonesia Lampung Agus Putra Eka Jasutra,S.Kom, Penasehat Sertani Anang Prihantoro, Kades Kebon Damar Tripandoyo, Anggota Polsek Mataram Baru Bripka Amry Yulianto, Anggota Sertani dan Pokdarwis GrebeQ Ayem. (Roni)