Bupati Nanang Canangkan Satu Kadis Sumbang 4 Buku

106 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Gemar membaca sebuah gerakan yang sangat positif yang harus terus didukung dan dikembangkan di tengah-tengah masyarakat secara luas, Kamis (04/11/2021).

Bentuk dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan minat baca adalah melalui peningkatan sarana, prasarana dan ketersediaan buku bacaan di perpustakaan.

Untuk mendukung gerakkan gemar membaca, Nanang meminta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat menyumbangkan buku ke perpustakaan.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca serta Pengukuhan 17 Bunda Literasi Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan yang dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda, pada Rabu (03/11) pagi.

Dengan begitu kata Nanang, akan ada banyak jenis dan judul buku yang nantinya akan meningkatkan minat baca masyarakat terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Nanti kami akan meyumbangkan buku. Satu Kadis (Kepala Dinas) 4 buku. Jadi berhenti dulu, kurangi rokok kalian seminggu ini, kan ngak seberapa harga bukunya,” Kata Nanang.

Tak hanya pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Nanang juga menggugah semua pihak agar dapat mendonasikan buku bacaan ke perpustakaan.

“Camat juga begitu sumbang buku, UPT yang ada di kecamatan juga sumbang buku. Nanti koordinatornya Pak Sekda,”Paparnya Nanang.

Selain itu, pada kesempatan itu Nanang meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat mampu melakukan inovasi dengan menyediakan layanan informasi secara digital.

Sehingga, semua informasi tentang Perpustakaan Daerah dapat dengan mudah terakses oleh masyarakat secara online, termasuk menyediakan kartu digital bagi masyarakat yang akan meminjam buku di perpustakaan daerah dan perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah.

“Harapan kita semua melalui Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ini dapat meningkatkan minat baca dan menggugah keinginan masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah,”Ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan, Qorinilwan menjelaskan, maksud diadakannya Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca itu adalah untuk merangsang peningkatan minat baca masyarakat khususnya kalangan pelajar, sehingga kegiatan membaca dapat menjadi kebiasaan sehari-hari.

Kemudian, melalui kegiatan itu dapat meningkatkan sinergi dengan berbagai mitra, baik sesama lembaga pemerintah maupun swasta, guna menunjang dan turut berpartisipasi aktif demi memfasilitasi kalangan generasi muda dan pelajar untuk membiasakan diri membaca serta mampuberkompetensi dalam persaingan global demi mewujudkan Indonsia maju.

“Melaui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan daya saing para pelajar di Kabupaten Lampung Selatan. Sehingga mampu tampil kedepan sebagai calon-calon penerus pelopor kemajuan bangsa Indonesia,” Kata Qorinilwan.

Adapun, tujuan dilaksanakannya kegiatan itu lanjut Qorinilwan, yaitu untuk menggugah dan meningkatkan pentingnya peningkatan minat baca bagi kalangan generasi muda dan pelajar.

“Juga untuk memacu indek baca masyarakat Kabupaten Lampung Selatan dan menjadikan kebiasaan membaca sebagai salah satu bagian dari peradaban masyarakat,” Ungkapnya.

Qorinilwan menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari itu, diisi dengan berbagai kegiatan seperti, lomba-lomba tingkat pelajar, bazar buku, pengukuhan bunda literasi kecamatan, pameran TBM Perpustakaan Desa Replikasi yang berbasis Inklusi Sosial, dan ditutup dengan pembagian hadiah bagi peserta pemenang lomba-lomba pelajar.

“Sasaran kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca adalah kalangan pelajar, generasi muda, dan masyarakat umum di Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, Kajari Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati, dan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Selatan Agus Sartono serta perwakilan anggota Forkopimda lainnya.

Serta Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ratna Dewi, Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin beserta para pejabat utama, Kepala OPD, dan camat se-Kabupaten Lampung Selatan serta Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin. (Jhony/Rls)