Camat Labuhan Maringgai Punyai Trobosan Berbasis Website 

10125

Lampung (Bumi1.com) Camat Labuhan Maringgai mempunyai trobosan untuk menjalin kerjasama (MUO) dengan Universitas Teknokrat, terkait pembikinan Website Kecamatan Labuhan Maringgai untuk pelayanan informasi dalam menunjang perkembangan di Kecamatan setempat, Rabu (03/11/2021).

Hal itu dikatakan Camat Labuhan Maringgai di ruang kerjanya saat dikunjungi Bumi1.com,  yang tujuannya untuk menunjang percepatan dan pengembang berbasis Website di Kecamatan Labuhan Maringgai.

Camat Labuhan Maringgai Agustinus Trihandoko,SE,MM kepada Bumi1.com mengatakan jadi kami pihak Kecamatan sudah melakukan trobosan kerjasama dengan Universitas Teknokrat, untuk menunjang percepatan dan pengembang berbasis Website di Kecamatan Labuhan Maringgai.

Alhamdulilah kemarin kunjungan kita di sambut baik dengan mereka, dan nanti akan di adakan MUO setelah kami menyurati mereka. “Nanti ada beberapa aitem – aitem yang ada di aplikasi Website itu, setelah melakukan MUO dengan Universitas Teknokrat.

Nantinya mereka juga akan mengunjungi Kecamatan Labuhan Maringgai dan langsung mengajari pada Kecamatan cara memasukan aitem – aitem yang harus dipasang di Website tersebut.”Kata Camat Agustinus.

Adapun aplikasi Whatshap itu juga untuk mempermudahkan Kecamatan dalam hal segala pelayanan informasi kepada masyarakat. Misalnya, nanti ada informasi tentang Kecamatan itu sendiri seperti sletding semacam Demografis atau tampilan Website Kecamatan. “Apa saja yang ada di Kecamatan Labuhan Maringgai, seperti Pariwisata yang kita unggulkan selama ini.

Lanjut Agustinus, apa bila masyarakat ingin mengetahui di Desanya masing-masing, misalnya jumlah penduduknya berapa, pembangunanya apa saja yang sudah dilakukan, berapa orang yang sudah memiliki KTP rekaman termasuk anak sekolah serta keterangan -keterangan yang lainya.

Nantinya juga kita menyediakan ruangan informasi, jadi semua informasi dari Kabupaten maupun Kecamatan, nantinya akan kita tuangkan di Website, misalnya percepatan vaksinasi.

Dalam satu bulan itu siapa saja masyarakat yang mau hajatan. Ini semua supaya masyarakat kita tau, dan nantinya tim gugus tugas Kecamatan maupun Desa bisa selalu mengawasi dalam hal itu,” Harapan Camat.

Seperti rapat – rapat musren nanti kita tuangkan disitu juga sebagai informasi yang ada di Kecamatan, lalu nanti ada sletding – sleding terkait dengan pelayanan, contohnya pelayanan prima kami di Kecamatan misalkan mengkolektifkan masalah admistrasi dari KK, KTP, KIA dan akte kelahiran.

Itu nanti semua kita kolektifkan dalam satu Minggu sekali, akan kita bawa ke Dukcapil untuk membantu masyarakat, dan kita gratiskan tanpa dipungut biaya. “Terus ada pelayanan tentang pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM) nanti kita sediakan di sleding itu juga.

Yang nantinya mereka bisa ngeprint sendiri mencetak sendiri di rumahnya masing – masing bagi yang mempunyai prin, sehingga mempermudahkan pelayanan kantor Kecamatan maupun kantor Desa, hanya tinggal tanda tangan saja tidak perlu ngantri. “Paparnya.

“Atau bisa juga melalui pelayanan WhatsApp dengan menjapri misalkan ingin mengurus KK persyaratannya sudah beres semua tinggal kami ketik disini, nanti kami kabari kalau sudah jadi, ini semua untuk mengurangi antrian dan bisa juga mempermudah pelayanan masyarakat nantinya.

Di sleding itu juga ada layanan aduan dimana layanan aduan itu seperti saran dan kritik ataupun aduan – aduan lainnya akan kami tuangkan juga di aplikasi tersebut, sehingga kami bisa mengkoreksi apa saja setiap kejadian yang ada di Kecamatan Labuhan Maringgai sekaligus akan mendelagasikan permasalahan di tingkat instansi masing – masing.

Misalkan ada warga yang sakit berat dan butuh Ambulance nanti akan kami delegasikan kepada pihak UPTD Puskesmas setempat, lalu menyuruh kepala Puskesmas untuk segera mengantarkan atau mengunjungi orang sakit tersebut.

Aplikasi Website ini nantinya akan memudahkan mereka sebagai informasi apa saja yang ada di Kecamatan Labuhan Maringgai, sehingga nantinya masyarakat akan mudah dalam menghimpun dan menangkap informasi tersebut.

Seperti yang kami jelaskan di atas, jadwal percepatan vaksin, jadwal orang hajatan yang ada rekomendasi dari kami, seperti persyaratan – persyaratan apa saja yang harus di lengkapi untuk melakukan hajatan.

Jadi mereka di sini tidak harus mensosialisasikan lagi, karena aplikasi ini sudah bisa mensosialisasikan kepada masyarakat. Kami berpesan kepada masyarakat agar memanfaatkan sebaik – baiknya setelah aplikasi Website sudah jalan, agar tidak terlalu mengantri lama-lama.

Kedepannya nanti setelah berhasil di Kecamatan kita,  aplikasi ini akan kami tularkan juga ke Desa jadi biar terintegrasi aplikasi itu di Desa juga. Sehingga Desa juga nanti pelayananya serupa terintegrasi di aplikasi kami ada sletding di Desa yang sudah tersistem. “Pungkasnya. (Roni)