Baznaz Pesawaran Salurkan Bantuan Senilai 737 Juta

107

Lampung (Bumi1.com) Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesawaran di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-76, menyalurkan santunan senilai Rp737. 000.000,- yang dilakukan secara simbolis di Saung D’Junjungan Desa Sukabanjar, Kecamatan Gedong Tataan, Selasa (17/08/2021).

Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid mengatakan bahwa santunan tersebut diberikan kepada 2.516 Mustahiq penerima Berkah, 17 Mustahiq penerima Berkat dan 1 Mustahiq penerima Bedah Rumah.

“Setelah penyerahan secara simbolis ini akan di lanjutkan secara keseluruhan oleh Team Baznas, ke-11 Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran yang jadwal pengirimannya akan segera disampaikan ke masing-masing Kecamatan, “Kata Abdul.

Abdul menerangkan, bahwa pada semester I yang lalu, BAZNAS Kabupaten Pesawaran telah menyalurkan santunan senilai Rp.
2.797.277.343,-(dua milyar tujuh ratus sembilan puluh tujuh juta rupiah).

“Santunan tersebut meliputi santunan
Pendidikan, Kesehatan dan kemanusiaan yang terdiri dari rumah roboh, kebakaran, termasuk sedekah hewan kurban. Khusus untuk sedekah hewan kurban perlu kami
laporkan bahwa 1 (satu) ekor sapi telah disalurkan melalui Panitia Qurban di Islamic Centre untuk masyarakat
sekitar 3 (tiga) ekor sapi telah disalurkan melalui 3 Kepala Desa yang aktif memberikan infaqnya kepada BAZNAS.

Ini Desa – Desanya sepertinya Banding Agung, Kecamatan Punduh Pedada, Desa Kebagusan, Kecamatan Gedong Tataan dan Desa Kota Agung, Kecamatan Tegineneng, ” Jelasnya.

Abdul menambahkan, Insya Allah program santunan berikutnya di tahun 2021 ini akan di salurkan pada Smester II Tahap II setelah kegiatan Tahap I ini, meliputi santunan bidang Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan maupun kemanusiaan.

“Kesemuanya itu hanya akan disalurkan kepada Mustahiq yang dalam prosesnya layak, serta memenuhi persyaratan atau sesuai SOP yang telah di tetapkan dan masuk dalam kategori fuqoro atau masakin (fakir/miskin) sebagaimana
termaktub dalam QS. AT-TAUBAH, 60,” Tuturnya.

Perlu diketahui, pada RKAT Tahun 2020 yang lalu, BAZNAS Kabupaten Pesawaran menargetkan penghimpunan ZIS sebesar Rp.5 milyar rupiah,- dan dalam realisasinya tercapai (98 %) dengan nominal Rp. 4.907.927.549,- (Empat milyar sembilan ratus tujuh juta sembilan ratus dua puluh tujuh ribu rupiah) dan telah disalurkan kepada 4.128 Mustahiq diantaranya untuk 170 unit BERKAT.

“Selanjutnya pada RKAT Tahun 2021 ini, BAZNAS Kabupaten Pesawaran menargetkan penghimpunan ZIS sebesar Rp.5,5M,- dan Alhamdulillah sd. 30 Juni 2021 ini realisasi penghimpunannya, telah mencapai Rp 2.734.363.343,-(Dua milyar, tujuh ratus tiga puluh empat juta, tiga ratus enam puluh tiga rupiah).

“Insya Allah dengan dukungan semua pihak, (Eksekutif, Legislatif dan Peran Serta Masyarakat), terlebih lagi dukungan dari Bupati Pesawaran, target tersebut dapat di capai, ” Ungkapnya.

Sementara wakil Ketua 1 BAZNAS Provinsi Lampung Iskandar Zulkarnain mengapresiasi atas kinerja pengurus BAZNAS Kabupaten Pesawaran yang sangat baik dan tertib administrasi sehingga menjadi yang terbaik.

“BAZNAS Kabupaten Pesawaran adalah yang terbaik di Provinsi Lampung, atas kepemimpinan Hamid sebagai leader beliau mampu mengurus administrasi dengan tertib. Kami apresiasi kinerja BAZNAS Kabupaten Pesawaran, semoga akan lebih maksimal lagi dalam menghimpun dana. Ini uang umat dan dikembalikan kembali kepada mustahiq, ” Katanya.

Ditempat yang sama Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama R.I melalui Kasi Monitoring dan Evaluasi Lembaga Zakat, Mukti mengatakan, kami mengapresiasi atas apa yang dilakukanya oleh para pemegang peranan. “Ungkap Mukti.

Kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan dihadiri beberapa pejabat. Diantaranya, Waka I Baznas Provinsi Lampung Iskandar
Zulkarnain, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama R.I yang di wakili oleh Kasi Monitoring dan Evaluasi Lembaga Zakat yakni Mukti.

Hadir juga Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Kapolres AKBP Vero Aria Radmantyo, Dandim Lamsel atau yang mewakilinya, TNI-AL, Kejaksaan Negeri dan sejumlah Camat serta Kepala Desa yang berkaitan.(Magelhen)