Kebakaran  Hutan Di TNWK Terus Berlajut

1012 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Sungguh tragis kejadian yang melanda Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang tak henti-henti. Betapa tidak, pada Sabtu 07 Agustus 2021 telah terjadi kebakaran hutan kembali.

Kemudian di keesokan harianya juga pada Minggu 08 Agustus 2021 api juga kembali membakar Hutan Lindung Taman Nasional Way Kambas (TNWK) ada sebanyak 10 Hektar.

Dalam dua hari berturu – turut  Hutan Lindung TNWK terus terbakar, bila di runut sejak awal Januari hingga 08 Agustus 2021 telah terjadi kebakaran hutan di TNWK sebanyak 13 kali.

Kobaran api yang membubung tinggi mengepulkan asap berwarna hitam itu mulai tampak pada pukul 10. 30 Wib. Kami mendapatkan laporan dari kepala  STPN W 1 dan langsung bergerak menuju ke lokasi tempat terjadian kebakaran. “Kasie 1 Arifudin Bayu Aji (ABA), dalam keterangannya.

Dalam pemadaman api, di bantu dari tim Dalkarhut dan 8 orang dari Balai TNWK juga tiba terlebih dahulu di lokasi kejadian. Selain itu, anggota TNI – Polri, MMP, Mahasiswa dan masyarakat juga turut bahu membahu membantu memadamkan api menggunakan Tengki semprot  jenis Alpa.

Menurut Bayu Aji, terjadinya kebakaran Hutan Lindung TNWK ini disebabkan adanya kegiatan Ilegal. Dan api dapat di padamkan sekitar pukul 14. 00 Wib. Untuk lokasi yang terbakar adalah semak belukar berupa rerumputan Ilalang.  “Jelasnya.

“Tepatnya di lokasi Resort  Susukan Baru SPTN 1 Way Kanan, untuk areal yang terbakar di perkirakan ada 10 Hektar. Berkat bantuan dari berbagai pihak seperti TNI – POLRI, MMP 4 orang  dan Mitra ada 3 orang baru api bisa di padamkan. “Tutupnya. (Bunyamin)