Hutan TNWK Ditahun 2021 Sudah 11 Kali Kebakaran 

1010 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Dalam rentang waktu terhitung dari bulan Januari hingga bulan Juli 2021 Hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) telah mengalami kebakaran sebanyak sebelas kali, ini sangat luar biasa. Senin (26/07/2021).

Pada tahun – tahun sebelumnya kebakaran memang kerab terjadi di Hutan TNWK. Dan kebakaran seperti ini sudah menjadi langganan setiap tahunnya.

“Dampak yang di rasakan langsung oleh warga Desa perbatasan dengan Hutan TNWK paska terjadi kebakaran hutan yaitu serpihan debu berterbangan yang terbawa angin hingga ke pelataran rumah milik warga.

Namun sangat berbeda dengan insiden kebakaran yang melanda Hutan TNWK pada hari Sabtu 24 Juli 2021 pada pukul 19. 30 Wib. Limbah yang terbakar tidak ada yang berterbangan sampai menyasar kepelataran warga Desa Braja Asri, Kecamatan Way Jepara Lampung Timur.

Kasie 1 Kantor Balai TNWK Arifudin Bayu Aji, kepada Bumi1.com mengatakan bahwa pada Sabtu 24 Juli 2021 Hutan TNWK telah terjadi kebakaran hutan tepatnya pukul 19. 30 Wib. Untuk titik koordinat yang terbakar di lokasi blok Rawa Kosmin. Asap memang terlihat membubung tinggi menghitam.

Paska kejadian itu kami langsung mengambil langkah cepat menurunkan pasukan pemadam kebakaran dari Resort Seksi Kantor Balai berserta MMP dan di bantu juga dari unsur masyarakat. Tepatnya pukul 22. 59 wib, api telah berhasil di padamkan. “Kata Arifudin pada Sabtu (25/07).

Menurut Arifudin, peyebab kebakar Hutan TNWK itu di akibatkan oleh ulah warga yang memang belum paham betapa pentingnya menjaga Hutan untuk kelangsungan hidup manusia.

“Ada sekitar 100 hektar itu merupakan vegetasi alang – alang yang terbakar. Sejak bulan Januari hingga bulan Juli 2021 ini telah terjadi kebakaran hutan TNWK sebanyak sebelas kali kebakaran. “Paparnya. (Bunyamin)