Balai TNWK Masih Lakukan Penyelidikan Paska Kebakaran 

1010 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Paska terbakarnya hutan lindung milik Taman Nasional Way Kambas (TNWK) pada Sabtu malam 24 Juli 2021 pukul 19. 30. wib, kobaran api itu diwilayah Rawa Kosmin RTPN Susukan Baru SPTN W1 Way Kanan.

Dilokasi itu telah terbakar sebanyak 11 kali kebakaran hutan dimulai dari bulan Januari sampai bulan Juli 2021. Kesemuanya itu dalam kurun waktu tujuh bulan. Sebagaimana yang di ceritakan oleh KA Kasie 1 Arifudin Bayu Aji (ABA) kepada Bumi1.com pada Senin (26/07/2021).

Untuk wilayah kerja ABA meliputi wilayah Susukan Baru, Rawa Bunder, Way Kanan dan Wako. Menurut keterangan ABA pihaknya akan melakukan penyelidikan atas terbakarnya seluas 100 hektar vegetasi alang slang.

Dari hasil keterangan sementara ABA, pelaku pembakarannya adalan oknum warga yang belum paham tentang manfaatnya hutan bagi kehidupan manusia dan mahluk lainnya. “Ujarnya.

Upaya penyelidikan untuk menemukan sipelaku pembakaran vegetasi alang – alang seluas 100 hektare itu masih di upayakan secara internal. “Masih menggunakan internal jajaran TNWK saja belum melibatkan dari pihak Polri.

Dan inilah yang tak hentinya di hadapi oleh jajaran pengelola hutan lindungi TNWK berupa konflik penghuni TNWK dengan manusia kerap terjadi. Termasuk konflik dengan sijago merah seperti kebakaran seringkali terjadi dan sulit untuk di hindari. “Pungkasnya. (Bunyamin)