TNWK Punyai Terobosan Baru Untuk Menekan Penyebaran Covid-19

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Setuasi dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini telah merebak di semua line kehidupan masyarakat. Semuanya itu berupaya untuk menekan penyebaran Covid-19, kali ini dilaksanakan oleh Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang terletak di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

TNWK sendiri terlihat berupaya segigih mungkin untuk turut serta andil dalam kegiatan menekan penyebaran Covid-19  di wilayah Hutan Lindung. Pola yang di terapkan sesuai dengan konsep baku yang telah di anjurkan oleh Pemerinta Pusat maupun Daerah. Hal itu dikatakan Humas TNWK Sukatmoko, di ruang kerjanya pada Kamis (08/07/2021).

Sukatmoko, Humas TNWK menjelaskan kamipun terkena dampak dari pandemi Covid -19 sekarang ini. Sekarang ini mengurangi atau menyetop sementara waktu untuk kunjungan para wisatawan yang akan berkunjung ke TNWK.

Dikarenakan pihak pengelola TNWK tak menginginkan satwa – satwa yang ada di TNWK juga terpapar virus, untuk itu sedini mungkin telah kami antispasi.

“Kami telah menerapkan terobosan berupa Restorasi baru yakni dengan menggugah kepedulian warga masyarakat terutama yang hidup secara berdampingan di lingkungan Kawasan Hutan Lindungi TNWK.”Kata Humas TNWK.

Lanjut Sukat, ternyata konsep ini di sambut baik oleh Kepala Desa Labuhanratu Vll Soewarno. Dan ahirnya Soewarno membina warganya terutama yang bermukim di dusun Margayu untuk merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melestarikan Hutan Lindungi TNWK.

Polanya, Kades Labuhanratu Vll Soewarno juga menyelenggarakan bibit pohon kayu secara bersama – sama mulai dari penangkaran sampai ke proses penanaman dan tidak perlu banyak-banyak. Kita awali dengan 5 hektar saja dulu kita kelola setara profesional dan berkelanjutan. “Ucap Sukat.

Ketika ditanya tentang program kegiatan Gerakan Nasional Reboisasi Hutan dan Lahan (GNRHL) Sukatmoko mengatakan, terakhir terselenggaranya program GNRHL itu tahun 2012 setelah itu terhenti total. “Jelas Sukat.(Bunyamin)