RS. AKA Medika Terima Konsultasi Masalah Gigi Secara Online

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Selama pandemi Covid-19 yang sedang melanda, banyak orang yang mengurungkan niat untuk ke dokter gigi selama tidak dalam keadaan darurat padahal ada keluhan. Hal ini yang sering kali dikeluhkan banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulutnya.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh RS. AKA Medika Sribhawono dan sangat membantu masyarakat Lampung Timur selama pandemi Covid-19 sekarang ini adalah dengan mengadakan layanan konsultasi gigi online secara gratis yang dilaksanakan pada Kamis (24/06).

Rahmat, Humas RS. AKA Medika Sribhawono saat ditemui Bumi1.com membenarkan hal tersebut “Dimasa pandemi ini tidak menghalangi kami untuk terus berinovasi dan beradaptasi dalam memajukan kesehatan gigi untuk masyarakat Lampung Timur. Banyak yang bertanya tentang masalah kesehatan gigi, gusi dan mulut melalui media sosial kami.

Hal inilah yang kemudian mendorong kami untuk mengadakan kegiatan konsultasi kesehatan gigi secara online melalui RS. AKA TALK dengan tema “Menjaga Kesehatan Gigi di Tengah Pandemi” yang kami siarkan secara langsung melalui Facebook dan Instagram RS. AKA Medika”.

“Alhamdulillah respon dari masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan ini. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya orang yang bertanya dan berkonsultasi tentang gangguan kesehatan gigi yang dialaminya. Narasumber yang kami hadirkan adalah drg. Yasir Simatupang, beliau adalah Dokter Gigi RS. AKA Medika Sribhawono yang memang ahlinya dalam hal kesehatan gigi, gusi dan mulut.”Kata Rahmat pada Kamis (01/07/2021) siang.

“Beliau sangat sabar dan telaten dalam menjawab satu persatu pertanyaan yang ditanyakan oleh pemirsa yang menyaksikan acara ini. Bahkan ada yang menanyakan tentang berbahayakah penggunaan air garam untuk berkumur sebagai penghilang rasa sakit pada gigi.

Hal ini tentu saja menjadi kebiasaan yang sudah lazim dan sering dilakukan orang, namun bagaimanakah tanggapan dari segi medis terkait hal tersebut. Semua pertanyaan dan keluhan dijawab secara jelas dan terperinci oleh drg. Yasir Simatupang.

Dimasa pandemi sekarang ini, masyarakat dihimbau untuk selalu merawat gigi dengan baik. Gigi dan mulut yang sehat turut andil dalam menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa alasan, karena rongga mulut merupakan salah satu gerbang terbesar masuknya berbagai kuman, bakteri, hingga virus ke dalam tubuh.”Jelasnya.

Lanjutnya, mulut yang sehat secara tidak langsung juga akan meningkatkan kekebalan/sistem imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. Bila sudah terkontaminasi, bukan hanya kesehatan gigi dan mulut yang terganggu, virus dan bakteri juga dapat mengancam kesehatan organ penting tubuh lainnya.

Rajinlah menggosok gigi 2 kali sehari, menjadi hal dasar yang harus dilakukan agar kesehatan gigi dan gusi dapat terjaga. Jika ada keluhan pada gigi dan mulut, disarankan untuk langsung datang ke dokter gigi. Jadi, jangan takut untuk pergi ke dokter gigi saat pandemi karena RS. AKA Medika Sribhawono telah dimodifikasi di masa new normal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Namun, pastikan tetap melakukan social distancing jika berada di luar rumah, taati protokol kesehatan, menjaga kesehatan, menjaga pola makan dan asupan vitamin, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. ” Tutupnya.(Roni)