Budi Peternak Puyuh Dalam Perhari Hasilkan 13 Kilo Telur

103 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Usaha dan kegigihan Budi Suprianto warga Desa Mendalasari ini patut dicontoh. Karena di belakang rumahnya disulap menjadi usaha rumahan ternak burung puyuh olehnya dan berjalan sudah satu tahun ini.

Saat dijumpai Bumi1.com di tempat beternak burung puyuh di dusun 01 Desa Mandalasari Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur Provinsi Lampung itu. Budi mengaku awalnya cuma mencoba beli telur puyuh empat kilo dari Metro lalu ia tetaskan dan berkembang hingga sekarang menjadi berternak burung puyuh.

“Awalnya hanya empat kilo telor burung puyuh yang saya tetaskan. Namun seiring waktu saat ini jumlah burung puyuh yang saya pelihara sudah menjadi 1500 ekor burung puyuh miliknya.”Kata Budi kepada Bumi1.com Jum’at (17/06/2021).

Hasilnya sudah kita nikmati selama satu tahun ini, sudah banyak anak burung puyuh ditetaskan dan sekarang ada 1500 ekor burung puyuh yang sudah bertelur, yang 200 ekor burung puyuh itu abis sakit makanya masih proses.

“Tadinya cuma mencoba telur burung puyuh ini empat kilo saja saya tetaskan, setelah menetas terus berkembang hingga sekarang. “Sekarang ini sudah satu tahun saya menggeluti ternak burung puyuh hingga mencapai 1500 ekor burung puyuh.” Ungkap Budi.

Budi menambahkan tadinya 2000 ekor burung puyuh sebelum lebaran sekarang tinggal 1500 karena kena penyakit senot, untuk saat ini sudah menghasilkan telur puyuh 13 kilo gram perharinya dengan harga 25.000 perkilo gramnya.

Untuk pemasaranya hanya lokalan saja tidak keluar daerah di sini – sini saja kadang bakulnya langsung datang kemari untuk ngambil telor puyuhnya. Sekarang ini pakanya sudah mahal makanya kita mengunakan pakan permentasi supaya agak ringan untuk biyaya pakanya.

“Nantinya kalau ada modal akan saya tambah lagi tempat ternaknya, karena selain saya jual telurnya saya juga menetaskan pakai mesin tetas bikinan sendiri. Ternak burung Puyuh ini sangat membantu perekonomian keluarga saya. “Jelasnya.

Karena keterbatasan modal, Budi juga berharap kepada Pemerintah Daerah agar membantu untuk usahanya berternak burung puyuh ini supaya bisa dikembangkan dan bisa mempekerjakan atau memberdayakan orang, karang selama ini masih saya geluti sendiri. “Pintanya. (Erwan)