Kopanda Mandiri Adakan Sosialisasi Cara Akses Bantuan Dana

102 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Ketua koprasi harapan bunda mandiri (Kopanda Mandiri) Sribhawono mengadakan sosialisasi cara mengakses dana bantuan khusus untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bantuan dari Dinas Koprasi Lampung Timur, Selasa (15/06/2021).

Dalam kegiatan sosialisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) itu bertempat di dusun 01 Desa Mataram Baru Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur.

Ketua koprasi harapan bunda mandiri (Kopanda Mandiri) Sribhawono Sudarsih,S.Pd kepada Bumi1.com di kediamannya mengatakan, ini kegiatan sosialisasi cara mengakses dana bantuan khusus untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dibantu pengajuannya oleh Dinas Koprasi UMKM Lampung Timur.

Kegiatan sosialisasi itu kita adakan pada Sabtu malam (12/06) di dusun 01 Desa Mataram Baru kediaman rumah koordinator kita Heri Ardiansyah, kebetulan kami sebagai ketua koprasi Kopanda ditunjuk oleh Dinas Koprasi dan UMKM Lampung Timur untuk mensosialisasikanya.

Karena Amansyah itu sebagai koordinator wilayah Desa Mataram Baru dan sekitarnya sekaligus sebagai koordinator tabungan Jelantah. Jadi Kopanda Mandiri, selain mensosialisasikan cara mengakses dana bantuan UMKM juga kita adakan sosialisasi gerakan menabung jelantah koprasi mandiri (Geranata Kopanda Mandiri).”Kata Sudarsih kepada Bumi1.com.

Lanjutnya, maka Geranata Kopanda Mandiri ini diperuntukan pada anggota kita supaya hidup sehat, dan kebetulan Koprasi kitakan koprasi konsumen. Jadi Koprasi konsumen itu bergerak dibidang perdagangan dan jasa, kemudian ada unit – unit usahanya seperti pertanian, peternakan, catring, percetakan dan simpan pinjam.

Disinilah kita sosialisasikan kepada anggota Koperasi harapan bunda mandiri yang biasa kita sebut dengan (Kopanda Mandiri) Sribhawono untuk mengajukan bantuan dana tersebut.

Untuk syaratnya yang pertama itu anggota kita diluar anggota kita tidak bisa naikkan, kemudian kedua surat izin usaha keterangan dari kepala Desa, fhoto coppy KK , fhoto coppy KTP, NIB /IUMKM dari Pemerintah dan fhoto tempat usaha. “Paparnya.

Sudarsih menambahkan, tujuan kita mengadakan sosialisasi itu tidak lain hanya untuk membantu mensukseskan program Pemerintah yang pertama bantuan produktif usaha mikro (BPUM) bersama Bank BRI supaya masyarakat kita sendiri tau kalau tidak ada sosialisasi dari lembaga – lembaga seperti kita Kopanda Mandiri dan contohnya Koprasi yang lainya itu tidak akan sampai dan benar syarat ketentuannya.

Sehingga bisa terserap dengan baik oleh masyarakat, sebenarnya dipikiran Pemerintah itu bagaimana dimasa pandemi Covid-19 ini, Pemerintah bisa memberikan bantuan kepada pelaku UMKM supaya para pelaku UMKM itu tidak mati suri. “Agar bisa hidup lagi usahanya, pada intinya buat pemilik usaha mikro kecil dan menengah.”Jelasnya.

“Nantinya ketika sudah berjalan seperti anggota yang kita bantu mengakses syarat ketentuannya sudah lengkap dan kita naikkan. Harapannya setelah mereka mendapatkan dana bantuan tersebut, untuk usahanya akan bertambah maju dan bisa lebih mensejahterakan dirinya. “Pungkas Sudarsih.(Roni)