Inilah Penyakit Yang Sering Muncul Pasca Lebaran

104 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Kebiasaan yang tidak dapat bisa dipungkiri bahwa lebaran adalah momen yang identik dengan kegiatan silaturahmi, baik dengan keluarga, sahabat, ataupun kerabat. Biasanya momen silaturahmi ini selalu ditemani dengan hidangan-hidangan yang begitu menggugah selera.

Namun dibalik aneka makanan dan hidangan di hari raya Idul Fitri ini, jika dikonsumsi berlebihan akan mengganggu kesehatan. Dikarenakan makanan dan minuman yang disajikan tersebut cenderung mengandung lemak, garam dan gula yang tinggi, Senin (31/05/2021).

Hal itu dibenarkan oleh dr. Rizki Darmawan, Sp.PD, FINASIM yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Wakil Direktur RS. AKA Medika Sribhawono. “Setelah hari raya Idul Fitri, penyakit yang sering dikeluhkan para pasien pasca lebaran ini terbagi menjadi dua, yaitu penyakit pada mereka yang sehat, dan pada mereka yang sebelumnya sudah mempunya penyakit kronis.” Ucapnya.

Banyak pasien yang mengeluhkan berbagai gangguan kesehatan seperti meningkatnya kadar kolesterol, gula darah, flu, batuk, maag, diare dan hipertensi yang merupakan efek pasca lebaran mengalami peningkatan yang sangat drastis.

Hal itu terlihat dari tingkat jumlah kunjungan pasien di RS. AKA Medika Sribhawono, dalam sehari bisa ratusan pasien mengeluhkan kesehatannya karena imbas dari mengonsumsi sajian makanan hari raya Idul Fitri secara berlebihan.” Kata dr. Rizki pada Kamis (27/05).

“Penyakit pasca hari raya Idul Fitri mucul karena pola makan berlebih, apalagi tidak disertai dengan olahraga fisik yang cukup. Pada penderita diabetes tentunya bisa menyebabkan kadar gulanya menjadi tidak terkontrol, pada orang yang kolesterolnya tinggi jika tidak bijak mengendalikan pola makannya tentunya akan menjadi lebih tinggi kadar kolesterolnya.

Menurutnya, begitu juga dengan penderita hipertensi, makanan cepat saji atau makanan kaleng itu kadar garamnya tinggi, natriumnya tinggi, tentu saja ini juga menjadi penyebab masalah tekanan darah tinggi.” Jelasnya.

Ketika Lebaran, pasti akan banyak makanan dan minuman yang menggugah selera. Namun, alangkah baiknya kita untuk lebih cerdas dalam memilih makanan agar kesehatan kita tidak terganggu dan dapat kembali beraktivitas seperti biasanya.

“Marilah kita bijak dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan di saat lebaran. Batasi juga konsumi kue kering dan kue basah yang manis serta minuman bersoda agar tubuh kita tetap sehat dan bugar.” Pesannya.(Roni)