KPU Pesawaran Gelar Rapat PDPB Periode Bulanan

101 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Komisi Pemilihan Umum Pesawaran menggelar rapat Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) periode bulan Mei tahun 2021 diruang RPP KPU Pesawaran, Jum’at (28/05/2021).

Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino
Menjelaskan, bahwa kegiatan pemutakhiran data berkelanjutan ini merupakan kewajiban bagi KPU untuk menjaga dan memelihara serta memutakhirkan data pemilih.

Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU nomor 2 tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. ” Kata Yatin.

” PDPB akan selalu diagendakan oleh KPU Pesawaran setiap satu bulan sekali secara berkala sesuai dengan surat edaran KPU RI nomor 336 perihal perubahan surat ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) tahun 2021. “Imbuhnya.

Sementara Dody Afriyanto, S.IP divisi Program Data dan Informasi, menjelaskan rekapitulasi PDPB Priode bulan Mei tahun 2021 KPU Pesawaran menetapkan jumlah data pemilih berkelanjutan berjalan sebanyak 318.089 pemilih dari jumlah dafatar pemilih sebelumnya yang berjumlah 318.031 Pemilih.

” Adapun rincian dari jumlah data pemilih yang dimutakhirkan adalah pemilih yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 61 pemilih Baru dan pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 3 Pemilih. ” kata Dody.

Lanjut Dody, dari hasil rapat rekapitulasi PDPB bulan Mei ini akan disampaikan kepada partai politik, Bawaslu dan Dinas yang menangani urusan kependudukan dan catatan sipil serta diumumkan melalui papan pengumuman kantor, laman website KPU Pesawaran.

Selain itu, Dody juga menyampaikan bahwa untuk rakor DPB bersama stekholder dijadwalkan pertiga bulan sekali sesuai dengan perubahan surat edaran KPU RI nomor 366 Dan ia juga berharap kepada stekholder serta warga andan jejama agar kiranya dapat ikut antusias dalam menyukseskan pemutakhiran data berkelanjutan tahun 2021.

KPU Pesawaran juga membuka layanan pemutakhiran data pemilih bagi warga Pesawaran yang ingin memberikan informasi atau masukan terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan cara membuka website KPU Pesawaran atau bisa datang langsung ke kantor KPU Pesawaran.

Selain itu masyarakat yang merasa belum masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT), Masyarakat dapat melakukan registrasi secara mandiri menggunakan aplikasi android milik KPU Provinsi Lampung yang dapat di Download secara gratis di Playstore. Adapun nama aplikasinya adalah cek DPT KPU Lampung.

” Tujuan diadakannya PDPB ini adalah Untuk memelihara, memperbaharui, dan mengevaluasi data pemilih secara berkala untuk penyusunan daftar pemilih pada pemilu atau pemilihan berikutnya serta menyediakan data dan informasi pemilih bersekala nasional dan daerah mengenai data pemilih secara akurat, lengkap dan mutakhir.” Tutupnya.(Magelhen)