Karantina Pertanian Lampung Upayakan Tanaman Hias Bisa Diekspor

102 Kali Dilihat

Lamung (Bumi1.com) Dengan adanya program gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) dari Kementerian Pertanian, Karantina Pertanian Lampung berkomitmen untuk membantu petani tanaman hias di daerah supaya masuk pasar Internasional.

Untuk di Provinsi Lampung tanaman hias banyak terdapat dari Kabupaten Tanggamus, namun selama ini pemasarannya masih terbatas hanya di tingkat Nasional saja. “Adanya program Gratieks Kementerian Pertanian ini mendorong kami untuk meningkatkan nilai ekspor Provinsi Lampung dari banyak sektor.

Dalam Karantina pada dasarnya ingin memajukan ekspor Lampung, bukan hanya dari komoditas perkebunan saja tetapi juga dari produk tanaman hiasnya. ” Kata Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh Jumadh, melalui rilis tertulis, pada Minggu (11/04/2021).

Menurutnya, tanaman hias dari Provinsi Lampung ini telah di ekspor ke berbagai negara, meski dengan jumlah yang masih sedikit, tetapi kedepan Karantina pertanian ini akan berupaya agar bisa meningkatkan penjualan tanaman hias secara maksimal.

” Jika dilihat dari aplikasi Iqfast milik Karantina Pertanian Lampung bahwa ekspor bunga dari Lampung telah dilakukan ke beberapa negara meski jumlahnya belum banyak,”Ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai upaya mendukung tanaman hias di Kabupaten Tanggamus Karantina pertanian Lampung telah melakukan berbagai upaya dan salah satunya dengan mengadakan bimbingan bersama Pemerintah daerah setempat.

Saat ini Kabupaten Tanggamus merupakan sentra tanaman hias di Lampung, yang menjadi dasar kami menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Ekspor Tanaman Hias. ” Pungkasnya.(Magelhen)