Sugeng Katakan, Budidaya Ikan Lohan Sangat Menjanjikan

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Sugeng Widodo pemuda yang berusia (27) tahun warga dusun 01 Rt 02 Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur itu awalnya cuman mencoba membudidaya sepasang ikan lohan saja, karena sangat menghasilkan keuntunganya hingga menyampai jutaan rupiah, saat ini masih digelutinya, Sabtu (13/03/2021).

Pantauan Bumi1.com dikolasi budidaya ikan lohan milik pemuda yang berusia (27) tahun itu masih bersetatus belum berkeluarga dan tinggal di blok gentengan kepinding Desa Margasari, usaha budidaya sepasang ikan lohan ini sangat menjanjikan dan menghasilkan keuntungan hingga ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Sugeng Widodo pemuda pembudidaya ikan hias seperti ikan lohan saat dijumpai kepada Bumi1.com mengatakan usaha budidaya ikan ini kurang lebih hampir 2 tahunan, sebelumnya saya bekerja di Jakarta setelah di PHK dari pekerjaan di Pabrik. Saya pulang kekampung halaman, awalnya itu cuma iseng-iseng saja untuk budidaya ikan hias jenis ikan lohan, karena ini butuh kesabaran.

“Tetapi kalau sudah bertelur paling lama menetasnya nunggu dua sampai tiga harilah, kalau sudah menetas yang sering kita kenal dengan nama berayakan dan anakanya yang baru menetas bisa banyak jadi kalau ikannya bagus itu bisa jadi 100 sampai 200 ekor per idukan ikan lohan mas. “Jelasnya.

Lanjutnya, “Untuk harganya juga lumayan dan sudah mulai membaik, jadi saya coba sambil belajar membudidaya ikan lohan. “Tadinya budidaya ikan lohan saya kurang fokus, karena baru bisa dijual sekira 2 sampai 3 bulan, tapi lama kelamaan ternyata peminatnya tambah banyak akhirnya saya tekuni hingga sekarang ini mas.”Kata Sugeng kepada Bumi1.com dalam ketenanganya.

Sugeng menjelaskan, kalau untuk pemasarannya kita jual lokalan saja tapi sampai keluar daerah seperti ke Braja Harjo Sari, Kota Gajah dan Metro. Untuk harga ikan yang kecil-kecil seperti berayakan itu saya jual dengan harga 10 ribu satu ekornya, kalau yang ukuran dua sampai tiga jari itu bisa saya jual kisaran 100 ribu, kalau ukuran lima jari seterusnya hingga mencapai 500 ribu bahkan jutaan rupiah.

Untuk jenis ikan yang saya budidaya itu ikan lohan SRD Cancu, tapi ini SRD lokal mas kalau buat yang ori Thailand kita belum ada, jadi kalau untuk pakannya cuma pelet terkadang udang hidup dan cacing juga bisa.”Ucapnya.

“Saya berharap kepada Pemerintah agar bisa memberikan bantuan tambahan modal kecil-kecilan seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti usaha budidaya ikan saya ini. “Pintanya.(Roni)