Camat Indarwati Resmikan Desa Tangguh Nusantara Di Desa Karang Anyar 

104

Lampung (Bumi1.com) Desa Karang Anyar pada Jum,at (19/02/2021) siang, telah diresmikan menjadi Desa Tangguh Nusantara oleh Camat Labuhan Maringgai dengan cara pemotongan pita sebagai tanda sudah diresmikanya menjadi Desa Tangguh Nusantara.

Acara Launching Desa Tangguh Nusantara tersebut berlangsung di aula Desa Karang Anyar, dalam peresmianya Camat Labuhan Maringgai didampingi Kepala Desa setempat saat pemotongan pita sebagai simbul Desa Tangguh Nusantara.

Camat Indarwati dalam pemaparannya menjelaskan kali ini Desa Karang Anyar telah dikukuhkan sebagai Desa Tangguh Nusantara, kami selaku Forkopincam Labuhan Maringgai menghimbau pada warga agar setiap melaksanakan kegiatan diluar rumah harus mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun pakai air.

“Serta Desa Tangguh Nusantara ini menjadi Desa Karang Anyar menjadi Desa ketahanan panganan mulai dari pertanian, perikanan dan UMK lainya yang sifatnya bisa memberikan ketahanan pangan untuk Desanya itu sendiri. “Paparnya.

Sementara Kepala Desa Karang Anyar Agus Siswanto dalam sambutannya mengatakan alhamdulillah Desa kita hari ini akan diresmikan menjadi Desa Tangguh Nusantara oleh Camat Labuhan Maringgai bersama TNI Polri.

Biarpun di masa-masa pandemi Covid-19 sekarang ini, Desa kita masih berkembang dan lanjut akan kita buat tangguh dari segi perekonomiannya seperti yang akan diresmikan menjadi Desa Tangguh Nusantara sekarang ini dan tentunya supaya bisa menjadi Desa yang mandiri.

Lanjut Agus, seperti kemarin itu di awal tahun 2021 Desa kami juga kena musibah bencana angin puting beliung tapi kami tidak share kemana-mana apa lagi ke mediasosial, dan tidak mendapatkan bantuan dari manapun karena kami sendiri masih mampu. “Kata Kades dalam pemaparanya.

Untuk kedepannya seperti Desa Tangguh Nusantara ini bukan hanya serimonial saja atau kumpul-kumpul akan kita bentuk untuk pelaksanaan selanjutnya. “Jadi kami bekerjasama dengan Pokmas, Perangkat Desa, BPD dan Karang Taruna.

“Akan kita bentuk satgasnya dan memberikan himbauan dari rumah kerumah seperti pengadaan posko isolasi mandiri. Kemudian untuk anggaran DD tahun 2021 inipun nantinya untuk menangani sebagian Covid-19. “Jadi kami meminta dari pihak Satgas Kecamatan, Polri dan TNI untuk bisa kerja samanya membantu segala kegiatan yang ada di Desa, “Tutup Kades.

Ditempat yang sama Kapolsek Labuhan Maringgai kompol.Yayak Kariyadi, mengatakan setelah diresmikan menjadi Desa Tangguh Nusantara maka Desa Karang Anyar ini sebagai Desa ketahanan pangan sesuai dengan program Kapolri bahwa setiap Kecamatan harus ada Desa Tangguh Nusantara.

Lanjut Yayak, semoga dengan diresmikannya Desa Tangguh Nusantara ini menjadi Desa percontohan untuk Desa -Desa yang lainnya agar mampu serta mempunyai ketahanan pangan dan benar-benar tangguh. “Tutup Kapolsek.

Usai peresmian Desa Tangguh Nusantara langsung dilanjutkan meninjau tempat perikanan milik Sabturi, Anyam – anyaman bambu milik Suparmin sekaligus Kadus 6, Tanaman padi milik Wawan dan yang terakhir mengunjungi rumah penanganan karantina  Covid-19 milik Desa Karang Anyar yang berada di dusun v.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Karang Anyar Agus Siswanto, Camat Indarwati, Kopolsek Labuhan Maringgai Kompol.Yayak Kariyadi, Danramil 429-10/Labuhan Maringgai Kapten inf Hariadi Gustian bersama Sertu Budiono Babinsa Karang Anyar, Kepala UPTD Puskesmas Labuhan Maringgai yang di wakili Bidan Desa Ani, Mantri pengairan mewakili KPD Waycurup Lasio dan para tamu undangan yang hadir. (Erwan)