Sosialisasi Pupuk Organik Eco Farming Pada Gapoktan Dan Poktan

1050 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Koordinator Penyuluh (Korluh) pertanian melakukan sosialisasi pupuk organik Eco Farming pada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Labuhan Ratu Lampung Timur bertempat di kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Desa Raja Basa Induk, pada Rabu (17/02/2021) siang.

Pantauan Bumi1.com dilokasi kegiatan terlihat jelas Koordinator Penyuluh (Korluh) pertanian wilayah Kecamatan Labuhan Ratu sedang melakukan sosialisasi pupuk organik Eco Farming pada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu.

Narasumber PT.Best Bandung dari pupuk organik Eco Farming M. Apandi Hasan dalam pemaparannya kepada para petani mengatakan manfaat dan kelebihan pupuk organik ini bisa meringankan biaya produksi, mempercepat masa panen dan meningkatkan unsur hara tanah serta meningkatkan hasil produksi yang meningkat untuk para petani.Selain itu, pupuk organik Eco Farming ini juga sangat cocok untuk segala jenis macam tanaman seperti buah-buahan, sayuran-mayur dan palau wija jagung padi, kajang ijo, singkong, kelapa sawit dan karet.

Lanjunya, hadirnya pupuk organik Eco Farming ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produktivitas tanaman dan memperbaiki tekstur lahan pertanian menjadi subur, selain itu juga pupuk organik ini mampu memenuhi 13 unsur kandungan hara yang dibutuhkan untuk segala jenis tanaman.

Dari ketiga belas kandungan tersebut terbagi menjadi tiga unsur hara yaitu, unsur hara mikro(N,P,K) unsur hara sekunder(S,Ca,Mg) dan unsur hara mikro (Ci,Mn,Fe,Cu, Zn,B,Mo). “Kandungan inilah yang menjadi senjata ampuh bagi para petani untuk memuaskan hasil tanamannya, maka tanaman akan tumbuh dengan normal sehingga sehat dan berproduktif. “Kata Apandi dalam pemaparannya.

Apandi menambahkan, tidak hanya itu saja pupuk organik Eco Farming ini juga dapat membantu tanah dalam memperbaiki teksturnya yang telah rusak, termasuk dalam hal pengendalian hama serta telah di uji secara teknis setelah menyusun komposisi ketiga belas unsur zat hara diatas agar sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. “Jelasnya.

Sementara Koordinator Penyuluh (Korluh) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan Labuhan Ratu Setiawan, A. Md. Mengatakan kami ucapkan terimakasih pada tim Eco Farming, karena pupuk Eco Farming ini sangat bagus dan merupakan pupuk organik, sifatnya organik ini bisa menekan pupuk kimia, seperti pupuk kimia yang dipergunakan para petani-petani kita.

Pupuk organik Eco Farming ini bisa digunakan untuk berbagai macam tanaman seperti Padi, Jagung, Singkong dan Sayur-sayuran dan jenis tanaman perkebunan lainnya, Pupuk organik Eco Farming ini bisa mampu menekan penggunaan pupuk, sehingga harapan kami pada pertemuan sore hari ini di kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dapat memanfaatkan ilmu yang telah disosialisasikan dari tim pupuk organik Eco Farming dari Provinsi Lampung.

Menurutnya, sehingga para petani-petani kita yang ada di wilayah Kecamatan Labuhan Ratu agar bisa menggunakan pupuk organik Eco Farming seperti ini agar untuk menekan pengurangan pupuk kimia. “Harapnya.

Dijelaskannya Setiawan, hasil dari pertemuan sore hari ini tidak semua Poktan bisa hadir, sehingga buat Poktan yang hadir agar dapat mensosialisasikan pada kawan-kawan Poktan yang lainya kususnya di wilayah Kecamatan Labuhan Ratu, sehingga petani-petani kita dapat memanfaatkan pupuk organik Eco Farming sebagai alternatif pengurangan untuk pupuk kimia.”Tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Narasumber pupuk organik Eco Farming M. Apandi Hasan, Koordinator Penyuluh (Korluh) Pertanian Kecamatan Labuhan Ratu Setiawan, A. Md, Staf (Korluh) Pertanian Didi Wicaksana beserta Gapoktan dan Poktan di Kecamatan Labuhan Ratu, Muhtadin Nugraha dan Yeti Halimah. (Roni)