Paska Puting Beliung, BPBD Lamtim Dan Camat Turun Kelokasi

106

Lampung (Bumi1.com) Paska diterjang angin puting beliung yang disertai hujan deras pada Senin sore pada pukul 17.00 Wib yang merusak puluhan rumah warga, Forkopincam Pasir Sakti dengan sigap langsung turun kelokasi memberikan bantuan pada warga yang terkena musibah angin puting beliung, Selasa (09/02/2021).

Pantauan Bumi1.com dilapangan nampak terlihat jelas masyarakat sedang bahu membahu memperbaiki rumah warga yang terkena dampak angin puting beliung di Desa Mekarsari serta BPBD Lampung Timur dan Forkocincam setempat sedang meninjau lokasi bencana.

Camat Pasir Sakti Sibran Mulsi saat dikonfirmasi kepada Bumi1.com mengatakan pertama kita turun kelokasi dulu untuk mengecek rumah korban yang terkena dampak angin puting beliung di dusun 04, ternyata ada dua Rt, Rt13 dan Rt15 ada sekitar 72 rumah milik warga yang terkena bencana alam.

Selain itu juga ada 2 rumah yang sampai roboh tertimpa pohon, saat ini sedang dalam perbaikan oleh masyarakat. Bencana ini bukan terjadi hanya di satu Desa saja, tetapi ada di dua Desa yaitu Desa Mekarsari dan Desa Pasir Sakti.

“Kalau Desa Mekarsari memang lebih sedikit yang terdampak, tetapi lebih parah dari Desa Pasir Sakti dengan jumlah rumah yang lebih banyak, tapi rata-rata rusak sedang dan ringan kalau di Desa Mekarsari rusak parah, jadi perlu penanganan konsentrasi di wilayah Mekarsari ini. “Ungkapnya.

Lanjut Camat, kalau untuk korban jiwa tidak ada hanya ada luka ringan dua orang saja yang satunya sedikit agak sok karna ketimpah bangunan rumah, alhamdulillah sekarang tidak apa-apa karna kemarin itu sampai kita kabarkan luka parah soalnya korban sempat pingsan.

Untuk langkah yang pertama kita lakukan renovasi rumah warga yang terkena bencana alam dan berkoordinasikan dengan BPBD Kabupaten Lampung Timur serta pihak-pihak donatur yang akan menyumbangkan. Nantinya kita akan membuka posko dimasing-masing Desa seperti Desa Mekarsari dan Desa Pasir Sakti.”Kata Sibran dalam keteranganya kepada wartawan.

Sibram menambahkan, kita sudah koordinasi dari kemarin dan langsung turun kelokasi untuk mengevakuasi, mendata, menghimpun untuk keperluan-keperluan yang kurang akan kita bantu.”Tutupnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Lampung Timur Mujianto menjelaskan paska kejadian ini kita langsung turunkan kelokasi bersama Satgas untuk membantu penebangan pohon dan membantu masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong. “Kami menurunkan Satgas anggota Damkar, karna Damkar selain untuk menangani kebakaran juga penyelamatan menangani bencana alam.

Kalau untuk bantuan matrial dah kita siapkan seperti Asbes ada 20 kodi, nanti juga kalau ada yang diperlukan kita bisa bantu, selain itu kita juga membantu masker karna ini masih dimasa-masa pandemi Covid-19 ada 1200 masker yang kita berikan. “Jadi kita targetkan untuk hari ini perbaikan renovasi rumah yang rusak harus selesai.

Lanjutnya, dengan bergotong royong bersama-sama masyarakat dengan Forkopincam juga dibantu oleh TNI dan Polri hari ini harus selesai dengan matrial yang ada langsung kita masukan dan kita bangunkan untuk masyarakat yang terdampak angin puting beliung.”Kata Kabid Kedaruratan.

“Kami menghimbau agar masyarakat tetap waspada dengan cuaca seperti ini sampai dengan bulan Maret. Jadi untuk rumah yang disampingnya ada pepohonan harus ditebang apa lagi pohonnya yang besar, karna berpotensi takutnya nanti kalau ada hujan dan angin puting beliung pasti akan berdampak resikonya sangat tinggi sekali buat keselamatan. “Pungkasnya. (Roni)