Lampung Siap Pemutihan Pajak Kendaraan

102

Lampung (Bumi1.com) Kepala Bapenda Provinsi Lampung Adi Erlansyah, mengatakan pelaksanaan untuk pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) sudah siap secara konsep. Tinggal menunggu teknis pelaksanaannya.

“Secara konsep sudah siap tinggal teknisnya dan untuk kapan belum tahu dikarenakan harus berkoordinasi dengan Polda Lampung dan Jasa Raharja dulu,”Kata Adi Erlansyah pada Jum’at (29/01/2021).

Menurutnya, pelaksanaan pemutihan PKB perlu melibatkan pihak keamanan atau penegak hukum  yang terkait karena ada denda yang akan dikenakan kepada pengendara yang tidak patuh pajak.

“Nanti di Jasa Raharja  itukan ada dendanya.  Polda  juga ada biaya pergantian STNK, takutnya ada yang sudah menunggak lima tahun, mau tidak mereka menghapuskannya, maka dari itu perlu koordinasi antara pimpinan dan persiapan yang matang untuk pelaksanaan pemutihan,”Ucap Edi.

Kemudian pemutihan pajak ini  dilakukan untuk mendata ulang kendaraan agar tahu siapa pemilik kendaraan yang terbaru karenakan banyak kendaraan yang sudah berpindah kepemilikan.

“Sekarangkan banyak yang kendaraannya sudah dijual dari tangan satu ketangan yang lain, jadi ini sekaligus untuk pendataan ulang,” Ucapnya seperti dilansir dari grup Siberindo.co.

Edi berharap melalui pemutihan nanti akan meningkatkan pendapatan PKB sehingga mencapai target yang telah ditetapkan kemudian masyarakat juga diharapkan bisa aktif untuk membayar pajak setiap tahunnya.

“Masyarakat harus aktif untuk bayar pajak jangan sampai setalah bayar pajak tahun depan nunggak lagi. Jika tetap bandel kami anggap sudah tidak aktif lagi,” Tutupnya.(*)