Sekda Riau Ditahan, Gubri Syam Ajukan Penangguhan Penahanan

100 Kali Dilihat

Riau (Bumi1.com) Gubernur Riau Syamsuar akan menyurati Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Mia Amuati untuk mengajukan penangguhan penahan Sekdaprov Riau Yan Pranajaya (YP), tersangka kasus dugaan korupsi dana rutin Pemkab Siak. Pengajuan penangguhan penahanan juga dilakukan tim kuasa hukum YP.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Riau, Edy Afrizal Natar Nasution, usai dirinya berjumpa Gubri Syamsuar yang masih dirawat di RSUD Ariffin Ahmad akibat Covid-19.

“Gubernur dan kuasa hukumnya akan melayangkan surat pengajuan penangguhan penahanan kepada ibu Mia Amiati selaku kepala Kajati,”Ujar Wagubri Edy Natar, pada Kamis (24/12/2020).

Menyusul penahanan Sekdaprov YP, praktis roda Pemerintahan kini diisi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Edy Natar, karena sudah 20 hari lebih Gubernur Riau Syamsuar sakit dan dirawat.

“Untuk atifitas dan roda Pemerintahan berjalan seperti biasa. Dalam waktu dekat Gubernur akan segera menunjuk pelaksana harian Sekdaprov,” Ujar Wagub seperti dikutip dari grup Siberindo.co.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, Pemprov Riau takkan mencampuri proses hukum terhadap Sekda, tetapi tetap mengikuti perkembangan kasusnya. “Kami menghargai proses hukum yang sedang berjalan, sambil tetap memantau perkembangannya,” Katanya.

Yan Prana Jaya sendiri akan ditahan selama 20 hari kedepan di Rutan Sialang Bungkuk. Ia diduga melakukan tindak pidana korupsi dana rutin Pemkab Siak saat menjabat kepala Bappeda. (*)