Direktur Aspustaben Ardi Kunjungi Petani Talas Beneng 

1056 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Kelompok tani Talas Beneng ucapkan terimakasih dan bersyukur atas kedatangan ketua Asosiasi Aspustaben Pusat beserta rombonganya dari Pandeglang Banten yang sudah berkenan berkunjung ke Kampung Srikaton Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah, Kamis (24 /12 /2020).

Hal itu disampaikan langsung oleh ketua Asosiasi pelaku usaha Talas Beneng  se-Provinsi Lampung Iwan Mahmudi dalam acara tersebut yang digelar di Kampung Anak Tuha Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah.

Dalam sambutanya Iwan Mahmudi mengatakan kami berharap dengan adanya rombongan Dirut  Asosiasi pelaku usaha Talas Beneng (Asputaben) ke Lampung Tengah ini bisa menjadikan kita semakin semangat semakin solid dan selalu menjaga kekompakan dalam segala hal agar kita semua kedepan bisa terus menjaga kualitas hasil panen yang baik dan bisa memaksimalkan harga pasar.

Lanjutnya, kita semua yang hadir disini sudah mendengar semua apa yang sudah di sampaikan langsung oleh Pak Ardi Permana selaku Dirut ketua Asosiasi Asputaben Pusat dari Pandeglang Banten,  beliau sudah jelaskan dari mulai cara proses menanam, perawat, sampai panen hingga harga pasar serta manfaat salah satunya dari hasil panen Talas Beneng ini daunya bisa untuk tembakau dan umbinya bisa menjadi tepung, keripik serta sabun. “Ucapnya.

“Jadi tentunya sudah jelas semua  bahkan di jelaskan juga secara gamblang dari pusat siap bertanggung jawab untuk membeli menampung hasil panen kita petani Talas Beneng Lampung,  maka itu kita seluruh petani Talas Beneng khususnya Lampung Tengah  tidak ada alasan lagi untuk takut akan hasil panen nantinya tidak laku dan tidak bertahan lama harga pasarnya.”Jelas Iwan.

Sementara Ardi Permana selaku ketua Asosiasi Apustaben Pusat menjelaskan perlu kita akui potensi petani Talas Beneng di Lampung sangat besar bahkan sudah mencapai 40% di bandingkan dengan petani Talas Beneng yang ada di daerah lain diseluruh Indonesia, baru di Lampung yang sangat antusias petaninya. Saya sangat apresiasi semangatnya petani di Lampung ini.

Saya berharap Pemerintaha Provinsi Lampung khususnya di setiap Kabupaten yang ada di Lampung agar bisa memberikan apresiasi dan mendukung para petani Talas Beneng ini, kedepanya mungkin bisa membantu memberi pasilitas bibit pupuk ataupun lahan, agar tumbuh perekonomian yang bisa menunjuang majunya perekonomian di Lampung Tengah.”Harapnya.

“Mungkin yang tadinya banyak lahan tidur yang tidak produktip bisa jadi produktip menjadi  berfungsi mengahasilkan hasil panen yang sangat bermanfaat,  karna budidaya Talas Beneng ini adalah peluang usaha yang sangat besar untuk kita semua para petani karna tanaman ini semua bisa di panen dan bisa mengahsilkan  daunya bisa untuk tembakau dan umbinya bermacam2 manfaat seperti yang sudah saya jelaskan tadi kata.

Menurut Ardi, disini memang yang diperlukan kekompakan saling bekerjasama, kita gali untuk menciptakan sesuatu yang baru agar bisa membuat petani Talas Beneng bisa menjadi sukses. Mari kita bekerjasama dengan kompak cari caranya bagaimana kita bisa mengolah berbagai manfaat agar bisa mengahasilkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan tidak tergantung kepada PT apalagi jika kita bisa membuat harga pasar menjadi meningkat dengan mengolah umbinya menjadi tepung, keripik, sabun dan daunya sudah jelas untuk tembakau.”Paparnya.

Pesan saya untuk seluruh petani Talas Beneng terus jaga kekompakan serta selalu berusaha dan terus semangat menciptakan segala sesuatu yang baru supaya hasil panen maksimal dan berkualitas.”Tutupnya. (Mardian)