UNU Lampung Gelar Wisuda Sarjana Strata 1 Akademik 2020

1021 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Kampus Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung tahun ini mengadakan rapat senat terbuka Wisuda Sarjana Strata 1 Akademik 2020-2021 dengan pelaksanaan Daring dan Luring bertempat di halaman Kampus setempat, di Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (19/12/2020).

Pantuan Bumi1.com terlihat jelas saat dilokasi rapat senat terbuka Wisuda Sarjana Strata 1 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung yang Luring hanya 12 Mahasiswa, untuk yang lainnya mengikuti secara Daring, pelaksanaanya berjalan sukses dan kondusif.

Rektor Universitas Nahdhatul Ulama (UNU) Lampung Dr.Nasir.S.Pd.M.Pd. dalam sambutanya mengatakan terimakasih banyak atas tamu undangan yang hadir, pertama-tama marilah kita ucapkan syukur kepada allah SWT, karna pada hari ini kita dapat bersilaturahmi dalam rangka rapat terbuka Wisuda Sarjana Strata 1 Akademik 2020-2021.

Sebelumnya izinkan kami mengawali sambutan ini dengan mengenang amal ibadah salah satu pendiri UNU Lampung H. Ismail Sanjaya yang telah menghadap Allah SWT dan Kiyai H.Ngaliman Marzuqi yang sedang Udzur dengan bacaan fatihah alhamdulillah, semoga amal ibadah beliau diterima sebagai amal kebajikan oleh allah SWT.”Katanya.

Lanjut Rektor Nasir,  Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung didirikan berdasarkan keputusan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomer 562/E/O /2015 pada tanggal 17 Oktober 2014, yang diselenggarakan oleh perkumpulan NU di Provinsi, Daerah dan Ibu Kota Jakarta.

Selain itu, UNU Lampung juga diselenggarakan atas dasar Pancasila, Undang -undang dasar 1945 serta akidah islam rahmatan lil’alamin yang dikembangkan oleh perkumpulan Nahdlatul Ulama. Jadi Universitas yang berlandaskan nilai-nilai islam rahmatan lil’alamin untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang Saintek dan berjiwa kewirausahaan dalam membentuk peradaban Islam yang modern.

“Yang secara demografis UNU Lampung memiliki peran yang strategis untuk membentuk peradaban islam yang modern, karna terletak ditengah -tengah komunitas para kiyai dengan pondok pesantren serta jama’ahnya yang sangat banyak. “Ungkapnya.

Dalam hal ini Rektor Nasir menambahkan, perkembangan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung yang telah dicapai pertama pada priode 2015-2020, pembebaskan lahan seluas 3 hektar, ketiga membangun gedung lantai pertama senilai 6 Milyar, keempat  melakukan akreditasi seluruh program Studi, kelima mengelola Mahasiswa sebanyak 3,655 dan keenam mendapatkan Hibah.

Dilanjutkan dengan hibah Laboratorium Komputer Teknik dan Laboratorium bahasa, hihab Studi lanjut S3 pada perguruan tinggi 10 besar di Indonesia sebanyak 23 Dosen, hibah bantuan beasiswa studi usulan masyarakat sebanyak 962 mahasiswa, menjadi peserta program Talent Scouting. Serta mendapatkan pembiyaan kerjasama dengan 41 perguruan tinggi di Taiwan, ketujuh mengembangkan Fakultas dan menambah program studi, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi dengan program Studi Statistika Teknik Elektro , Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Serta Fakultas ilmu sosial dan humaniora dengan program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi. “Fakultas pertanian, perikanan dan peternakan dengan program studi Agribisnis peternakan, pemanfaatan daya perikanan dan teknologi hasil perikanan.”Beber Rektor.

Menurut Nasir, pada priode 2015 -2020 ini telah dicapai pertama membebaskan tanah 1,5 Ha. Yang dialokasikan untuk Training Centre Of Fisheries (TCF) senilai 800 juta, kedua mendapatkan beasiswa usulan masyarakat sebanyak 726 mahasiswi pada tahun 2020, ketiga menerima hibah tanah untuk kampus B di Kabupaten Tulang Bawang seluas 6 Ha, keempat proses pembukaan Fakultas baru yaitu Fakultas Vokalis dengan Studi.

Selanjutnya seperti Kewirausahaan, Bisnis Digital, Management Retail dan Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif dan dimulai bulan Januari 2021 dilanjutkan pembangunan Gedung tahap kedua hingga lantai 4. Akhir priode kedua direncanakan dibukanya program Strata Dua (S2) serta dimulainya pembangunan tiang pancang Gedung Rektor berlantai 9.

Dosen diluar kampus, persentase Dosen yang melakukan kegiatan tridharma dikampus lain berdasarkan bidang ilmu, bekerja sebagai praktisi didunia Industri atau membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi paling rendah tingkat Nasional dalam lima tahun terahir. “Tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II (LLDIKTI) , PWNU Provinsi Lampung, PCNU Kabupaten Lampung Timur, Pengasuh Pondok Pesantren Lampung Timur, Rektor UNU Lampung, Pengurus Tinggi, Cvitas Akademika Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung, Camat Purbolinggo, Babinkantibmas Taman Fajar, Babinsah dan para tamu undangan orang tua Wisudawan. (Roni)