Kades Ujung Design Program Pemberdayaan Masyarakat

103

Sulsel (Bumi1.com) Program pemberdayaan masyarakat pedesaaan yang berbasis pertanian, perkebunan dan peternakan langsung didesign oleh kepala Desa (Kades) Ujung Kecamatan Pasimasunggu Timur Kabupaten Kepulauan Selayar, hal itu dikatakan Kades Ikbal saat ditemui dikediamannya. Kamis (16/07/2020).

Sejumlah program kerja prioritas, Pemdes Ujung, diawal masa pengabdiannya sebagai kepala Desa terpilih. Design program pembangunan kawasan peternakan terpadu, diinisiasi Pemdes Ujung, sebagai wujud penegakan peraturan daerah (Perda) nomor 20 tahun 2009, tentang ternak liar.

Dalam hal ini Ikbal bertekad membebaskan wilayah Desanya dari hewan dan ternak liar melalui program pembangunan kandang ternak terpadu yang rencananya akan ditunjang dengan penyiapan kebutuhan pakan rumput gajah. “Kata Ikbal saat memberikan penjelasan pada Bumi1.com.

Setelah membangun kandang terpadu, Pemdes Ujung, rencananya akan mendistribusikan bantuan ternak, sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat. Sebagai bentuk konsistensi terhadap upaya penegakan perda nomor 20 tahun 2009, bahwa Pemdes Ujung secara tegas menyatakan tidak akan memberikan rekomendasi permintaan bantuan ternak kepada masyarakat yang terbukti tidak mampu menyiapkan kandang di wilayah kebun atau sawah miliknya. “Jelasnya.

Lanjutnya, masyarakat yang tidak memiliki kandang dan tidak mampu menyiapkan kebutuhan pakan untuk ternaknya, tidak akan kita beri rekomendasi untuk mengajukan permintaan bantuan hewan atau ternak ke Dinas Pertanian dan Kehutanan.

“Kebijakan ini kita dilakukan untuk meminimalisir dan menekan potensi konflik yang dimungkinkan untuk terjadi, di antara petani dan peternak yang merasa dirugikan oleh keberadaan hewan ternak liar, “Atau tak bertuan yang tak jarang memangsa serta merusak tanaman milik warga.

Selain kedua program yang dimaksud, Pemdes Ujung juga tengah mendesign rencana pengusulan anggaran proyek pembangunan Cekdam mini yang diharapkan mampu mengaliri seluruh area kawasan pertnaian, persawahan, dan perkebunan di Pulau Ujung Jampea dan sekitarnya.”Bebernya.

Ikbal menambahkan, berbekal proyek Cekdam mini, Pemdes Ujung berharap mampu menciptakan kawasan budidaya ikan air tawar untuk sekaligus dijadikan sebagai arena memancing ikan air tawar, plus obyek untuk daya tarik wisata.

“Kami berharap impian ini agar bisa segera terealisasi dalam waktu yang singkat dan tidak terlalu lama, sehingga masyarakat dapat langsung menikmati dan merasakan manfaat proyek pembangunan Cekdam mini yang didesign Pemdes Ujung, “Pintanya.(Fadly)