Puskes Karyatani Adakan Pemeriksaan IVA Dan Pengobatan Gratis

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.com) Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskes Karyatani mengadakan pemeriksaan IVA dan pengobatan gratis bertempat di Desa Karya Makmur Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, pada Rabu (11/03/2020) pagi pukul 08.00 wib.

Kegiatan Inspeksi Visual Asam (IVA) dan pengobatan gratis ini terlihat sangat diminati oleh masyarakat Desa setempat, terutama para ibu-ibu yang ingin berobat gratis. Sekaligus untuk mengecekkan kesehatanya.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Karyatani Karyanto.S.Kep.,Ns mengatakan ini kegiatan rutin pemeriksaan program IVA, supaya tau masyarakat serta tau tentang penyakit kanker leher rahim, “Jadi sebelum kanker rahin makanya dilakukan pemeriksaan IVA di leher rahim.

Selanjutnya, untuk mencegahnya dan kasus seperti kanker leher rahim sering terjadi pada ibu-ibu, makanya pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeteksi tentang penyakit IVA, sebanyak mungkin masyarakat diperlisahkan memeriksakan diri.

Karyanto berharap pada masyarakat agar memanfaatkan momen atau program pemeriksaan IVA dan berobat gratis yang diadakan oleh Puskemas Karyatani seperti sekarang ini, serta masyarakat harus sadar akan kesehatan. Terutama penyakit kanker rahim yang sering terjadi pada ibu-ibu.”Ucapnya.

Kegiatan seperti ini kita adakan setiap minggu, kebetulan hari ini berketempatan di Desa Karya Makmur dan tiga hari yang lalu kita juga mengadakan di Desa Muara Gadingmas. “Jadi setiap minggunya kita gilir dari Desa satu ke Desa yang lainya.”Jelasnya.

Pantauan Bumi1. com di lokasi kegiatan masyarakat terlihat sangat mendukung adanya program IVA dan berobat gratis ini, serta berharap diadakan seterusnya program seperti ini. Karena penyakit sekarang banyak yang aneh-aneh.”Kata warga.(Erwan/red)