Aman Minta Pejabat Negara Hadir Dalam Acara Rakernas

101 Kali Dilihat

NTT (Bumi1.com) Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) yang ke VI akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 20 Maret 2020 yang akan datang di Kabupaten Ende, bertempat di Auala Wisma Emaus Ende, Jum’at (14/02/2020). Hal itu di katakan Ketua BPH Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) Nusa Bunga Ende.

Ketua BPH Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) Nusa Bunga Ende, Pilipus Kami. mengharapkan Presiden Joko Widodo maupun Mentri yang terkait agar bisa hadir dalam kegiatan tersebut, karena momentum ini sangat penting supaya bisa mendengar langsung keluhan-keluhan masyarakat adat serta problem-problem masyarakat terutama problem agraria dan hutan adat yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Selanjutnya, ada juga problem-problem lain yang ada di mata masyarakat, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pembuat kebijakan, baik di Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

“Untuk lobi Pemerintah Pusat sendiri kita sudah ada komunikasi. Dan dihaparkan turut hadir dalam kegiatan Rakernas nantinya, tetapi sampai sekarang belum ada jawaban yang jelas, karena momentum ini sangat penting sekali bagi kami selaku masyarakat adat. “Ungkapnya.

Pilipus menambahkan, sampai saat ini panitia sudah bekerja sama dengan berbagai komunitas dan berbagai pihak terutama dengan Pemerintah Kabupaten Ende dan Manggarai lewat daerahnya masing-masing demi menyukseskan Rakernas Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) nantinya.

“Jumlah peserta yang akan hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 7 sampai 800 orang dan ditambah dengan peserta yang hadir sekitar 2.500 orang yang sudah terdaftar. Kami berterimah kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ende yang sudah membuat strategi perencanaan dari awal.”Ungkapnya.

Menurutnya, untuk panitia lokal khususnya di Kabupaten Ende sudah siap menyambut kegiatan Rakernas tahun ini, dari definitely membangun komunikasi dan surat menyurat untuk memperlancar persiapan Rakernas tersebut dari pembukaan hingga selesai kegiatan dan persiapan-persiapan sudah di lakukan secara baik, dari tingkat Pusat, Propinsi dan Daerah.”Jelasnya.

“Diharapkan Gubernur NTT juga turut hadir dalam acara ini untuk membuka kegiatan Rakernas Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman), sehingga momentum seperti ini bisa menjadi ajang perencanaan untuk pembangunan di Kabupaten Ende.

Karena Pemerintah Pusat Semarang ini lagi gencar-gencarnaya menggolontorkan berbagai dana ke Provinsi NTT dan Flores Lembata yang berkaitan dengan Objek Pariwasata,”Pungkasnya. (Yohanes)