Kades Beri Sangsi Masyarakat Buang Sampah Sembarangan

1017 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.Com) Demi mengatasi pencemaran sampah dan terjadinya wabah penyakit serta mengakibatkan banjir dua Desa di Kecamatan Kalianda memberikan himbauan dan pemasangan plang di antara perbatasan.

Pemasangan plang tepatnya di lokasi antara perbatasan dua Desa yakni Desa Pematang dan Desa Kesugihan Kecamatan Kalianda Lampung Selatan karena banyaknya tumpukan sampah yang berserakan sampai kejalan. Selasa, (28/01/2020).

Banyaknya sampah yang ada di lokasi tersebut tepatnya di pingiran jalan raya di perbatasan dua Desa yakni yang sering dikenal orang dengan sebutan tanjakan tabak setiap hari selalu terlihat bertambah banyak sampah yang sangat menghalangi pemandangan mata dan mengganggu pengguna jalan yang melintas.

Banyaknya kejadian banjir dikarnakan berbagai masalah, diantaranya terhambatnya aliran air akibat penyempitan sekitar daerah aliran sungai (DAS) drainase yang kurang memadai dan sampah yang berserakan.

Dari fakta yang ada dua Desa di Kecamatan Kalianda tepanya Desa Pematang dan Desa Kesugihan termotivasi untuk memasang Banner atau Poster himbauan tentang larangan membuang sampah sembarangan, yang bertuliskan dilarang keras membuang samapah disini diawasi CCTV disepanjang jalan, dan sangsi jika ketahuan akan didenda sebesar Rp 1.000.000.

Kepala Desa Pematang Edy Hamzah dalam penjelasanya berharap agar masyarakat sekitar yang melintas ataupun siapa saja agar dapat peduli dengan kesadarannya agar tidak membuang sampah lagi di lokasi sekitar.

“Semoga bisa memberikan kesadaran bagi warga Masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena kita selalu mengantisipasi terhadap curah hujan yang bisa menyebabkan wabah penyakit dan banjir disekitar daerah tersebut karna adanya tumpukan sampah,” Ungkapnya.

Sementara Fajri Suryadi Putera, selaku Kades Desa Kesugihan, mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk kerjasama antara dua desa yang menjaga kebersihan lingkungan yang ada.

“Ini adalah tujuan kerjasama dua desa, antara Desa kita Kesugihan dengan Desa tetangga yakni Pematang dengan tujuan agar desa kita bersih dan bebas dari sampah sehingga elok di pandang mata, yang dimana sebelumnya banyak sampah yang berserakan dan sangat bahaya dampaknya.” Katanya. (Jhony)