Ende Dapat Bantuan WTP Dari Negara Hongaria

100 Kali Dilihat

NTT (Bumi1. Com) Delegasi Hongaria yang di pimpin oleh Zsolt Nemeth ketua komite urusan luar negeri Parlemen Hongaria serta beberapa delegasi lainnya meninjau instalasi pengolahan air atau Water Treatmen Plan ( WTP ) di Kelurahan Rewarangga Kabupaten Ende ( 18/01/2020).

WTP tersebut merupakan bantuan negara Hongaria pada Pemerintah Kabupaten Ende dalam rangka mengatasi masalah air bersih. “Ada 36 unit bangunan WTP yang di hibahkan oleh negara Hongaria ke Indonesia serta puluhan unit lainnya di bangun di wilayah Sumatera, Jawa dan Sulawesi.

Ketua komite urusan luar negeri Zsolt Nemeth mengatakan selain penyediaan air bersih, negara Hongaria juga menyiapkan program pembangunan rumah sakit, pembangunan infrakstruktur jalan dan memberi 100 orang muda Indonesia untuk mengikuti studi di negara Hongaria.

Selanjutnya, ia juga menyebutkan sejumlah program tersebut merupakan bentuk hubungan diplomatik kedua negara yang sudah di jalankan selama 65 tahun sejak masa presiden Soekarno.”Ucapnya.

“Kami merasa bangga atas hubungan ini karena tahun ini kami merayakan hubungan diplomatik yang ke 65 tahun antara Indonesia dan Hongaria, kami juga merasa bahagia bisa berada di Kota Ende Flores karena berbeda etnik budaya, suku, ras dan agama namun tetap rukun dan harmonis,”Tutup Nemeth.

Sementara Bupati Ende H.Djafar Acmad.MM, mengucapkan terimah kasih kepada Pemerintah Hongaria atas bantuan WTP kepada Kabupaten Ende dalam hal pendistribusian air minum.

Lanjut Bupati Ende H.Djafar Achmad menambahkan dengan adanya bantuan ini dapat menjawab keluhan air bersih di Kabupaten Ende yang selama ini di keluhkan oleh masyarakat.”Jelasnya. (Emanuel).