Bupati Lampung Timur Resmi Lantik 152 Kepala Desa

104 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Selamat bekerja dan selamat mengabdikan diri melayani kepentingan seluruh warga masyarakat, hal itu di katakan langsung oleh Bupati dalam acara pelantikan kepala Desa yang menang dalam pemilihan kepala Desa di bulan November.

Selanjutnya Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari melantik 152 kepala Desa periode 2020-2026 yang menang dalam pemilihan kepala Desa secara serentak di Kabupaten Lampung Timur Tahun 2019, Selasa (31/12/2019). Acara berlangsung di Aula Gedung Pusiban.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Timur, Putri Ernawati, Ketua DPRD Lampung Timur, Ali Johan Arif, Dandim 0429 Lampung Timur, Muhammad Darwis, Kapolres Lampung Timur, Wawan Setiawan, Kepala Inspektorat Lampung Timur, Tarmizi, Kepala Pengadilan Negeri Agama Lampung Timur, Ahmad Irfir, Para Angota DPRD, Staf Ahli, Asisten , Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Bagian Dan Camat Se-Kabupaten Lampung Timur.

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari dalam sambutanya mengatakan pelantikan ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, adalah pejabat Pemerintah Desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga Desanya dan melaksanakan tugas dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Masa jabatan kepala Desa 6 (enam) tahun, dan dapat diperpanjang lagi untuk 3 (tiga) kali masa jabatan berikutnya berturut-turut.

Dalam arahannya Bupati Zaiful menyampaikan harapan dan pesan kepada 152 orang yang dilantik untuk dapat menjaga amanah yang mereka emban dengan penuh tanggung jawab. Ia juga menambahkan bahwa segala sesuatu adalah pembelajaran untuk Kepala Desa terpilih karna sejatinya Kepala Desa adalah milik masyarakat.

“Saya berpesan kepada saudara-saudara sekalian bahwa jabatan adalah sebuah amanah kita harus rendah hati memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, Terkait proses tahapan pemilihan Kepala Desa sebagaimana telah diatur dalam ketentuan Peraturan Perundang Undangan yang berlaku maka segala dinamika yang timbul dalam penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa perlu dimaknai sebagai pembelajaran dalam berdemokrasi karna setelah disahkan dan dilantik sebagai Kepala Desa terpilih, saudara adalah milik seluruh warga masyarakat.”Jelas Bupati.

Selanjutnya Bupati juga menghimbau kepada kepala Desa yang baru agar tidak mengganti struktur Pemerintahan yang ada di Desa masing-masing. Ia juga berharap setiap Kepala Desa dapat mendukung segala program Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

“Saya mengingatkan kepada kepala Desa yang baru dilantik agar tidak melakukan pergantian keseluruh struktur yang ada di masing-masing Desa dengan melakukan konsolidasi kepada Camat, pamong-pamong desa harus kita berdayakan dan setiap Camat harus bertanggung jawab sekaligus mengetahui segala masalah yang ada didesa.”Pinta Bupati.

Sementara kepala Desa diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah yang ada diatasnya untuk tegak lurus mendukung program Pemerintah Lampung Timur untuk meningkatkan layanan masyarakat dan sangat menghimbau kepada saudara kepala Desa yang baru agar bisa memaksimalkan segara sumber daya yang ada.”Pungkasnya. (Red)