Danramil Way Jepara Hadiri Deklarasi Desa Anti Money Politic

101 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1. Com) Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis diwakili Danramil 09/Way Jepara Letda Inf. Ajis Soleh menghadiri acara deklarasi Desa anti Money Politic dan jalan sehat, bertempat di Desa Braja Harjosari Kecamatan Selebah Lampung Timur, Jum’at (27/12/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Timur yang di wakili Plt. Asisten 1 Bidang Pemerintahan Drs Alma Turidi, Dandim 0429/Lamtim di wakili Danramil Letda Inf Ajis soleh, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Timur Uslih, S.Pd I, Ketua Bawaslu Propinsi Lampung di wakili Kordiv Bidang Hubungan antar lembaga Teguh S.Pd, Camat Selebah Drs. Dadang Suwitno M.Pd., Seluruh Kepala Desa Sekecamatan Braja Selebah dan masyarakat peserta jalan sehat sebanyak 400 Orang.

Dalam sambutanya Bupati Lampung Timur yang dibacakan Alma Turidi Mengatakan, politik uang atau politik perut adalah suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih maupun supaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan umum. Politik uang dapat berupa barang maupun uang sedangkan politik uang biasanya dilakukan oleh para simpatisan atau bahkan pengurus suatu partai politik.

Selanjutnya, dalam praktiknya politik uang biasanya memakai sembako untuk dibagi-bagikan kepada warga yang membutuhkan dan bertujuan untuk menarik simpati warga supaya memilih partai yang bersangkutan,”Ucapanya.

Dasar hukum untuk politik uang adalah pasal 73 ayat 3 undang-undang No. 3 tahun 1999 yang berbunyi. Barang siapa pada waktu diselenggarakannya pemilihan umum menurut undang-undang ini dengan pemberian atau janji menyuap seseorang, baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih maupun supaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu, dipidana dengan pidana hukuman penjara paling lama tiga tahun. Pidana itu dikenakan juga kepada pemilih yang menerima suap berupa pemberian atau janji berbuat sesuatu.

Menurutnya, Desa anti politik uang yang dideklarasikan hari ini diharapkan menjadi percontohan untuk desa-desa di sekitarnya, Kalau ada Desa lain yang ingin mencari tahu tentang anti politik uang bisa belajar di Desa Braja Harjosari dan warga Braja Harjosari dan diharapkan menjadi panutan untuk melaksanakan pemilu tanpa kekerasan, adu domba dan hoaks.”Pintanya.

Pada acara itu selain penandatangan Deklarasi, juga diisi kegiatan acara jalan santai yang diikuti oleh semua tamu undangan yang hadir dilapangan Desa Braja Harjosari.(Rls)