Pemkab Tanggamus Gelar Deklarasi Dan Penyerahan Sertipikat ODF

100 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.Com) Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar kegiatan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dan penyerahan sertifikat ODF. Kegiatan ini bertempat di Pekon Teba Kecamatan Kota Agung Timur,Rabu (18/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani SE., MM, Letkol Inf Arman Aris Sallo Dandim 0424/Tanggamus, Kompol MN Yuliansyah SH.MH Wakapolres Tanggamus, Sekda Tanggamus Hamid Haariyansah Lubis, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Drs.Firman Rani, Staf Ahli Bupati Tanggamus, Kepala OPD Pemkab Tanggamus, Febrilia Ekawati A.Sp Direktur Eksekutif YKWS, Asep Mawan Ruswandi Perwakilan PT. TiriInvestama Aqua Danone, Para Kepala Pekon, Para Bidan Desa dan masyarakat Pekon Teba.

Dalam sambutannya Febrilia Ekawati A.Sp selaku Direktur Eksekutif YKWS menyampaikan Deklarasi atau Open defecation free istilah bahasa Indonesianya stop buang air besar sembarangan, Kami memperkenalkan diri dari Yayasan Konservasi Way Sekampung yang bergerak di isu lingkungan, Kami diberikan kepercayaan oleh PT Tirta Investama Tanggamus untuk mendampingi masyarakat dalam program air bersih dan sanitasi berkelanjutan.

Menurutnya selama proses pendampingan ini dengan pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat bisa mendorong 100% bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. support dari PT Tirta Investama Tanggamus yang telah mempercayakan corporate social responsibility kepada kami dan juga kerjasama lintas sektor.”Jelasnya.

Selanjutnya saya pada Kesempatan ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada hari ini, Rasa syukur pada tanggal 4 Desember 2019 lalu, Di 12 Pekon telah berhasil lulus dari verifikasi yang dilakukan oleh teman-teman dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan telah dinyatakan 100%,

Sementara untuk air dan sanitasi seluruh masyarakat bisa mencapai 100%. Semoga dengan keberhasilan di 12 Pekon yang akan kita deklarasikan hari ini bisa memicu atau menjadi trigger bagi seluruh Kecamatan dan tokoh yang ada di Kabupaten Tanggamus untuk menuju Kabupaten ODF.”Pungkasnya.

Asep Mawan Ruswandi Perwakilan PT. TiriInvestama Aqua Danone dalam sambutanya menyampaikan Selamat atas deklarasinya hari ini sebagai ucapan terima kasih juga untuk Pemda kabupaten Tanggamus dan jajarannya juga semua yang terlibat dalam program ini sehingga acara ini bisa terlaksana demi menuju Kabupaten Tanggamus untuk tidak buang air besar sembarangan.

Menurutnya program dari Pemerintah Pusat dan daerah ini sangat mendukung karena program ini sejalan dengan Pemerintahan yang ada di tingkat Nasional. “Tentunya kita juga bertanggungjawab dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan masyarakat untuk selalu meningkatkan dan mengalirkan kebaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. “Ucapnya.

Sementara Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani SE.,MM dalam sambutanya mengatkan kondisi geografis yang ada di Kabupaten Tanggamus saat ini tidaklah sama dengan kondisi yang ada diwilayah lain karena ada wilayah yang jangkauannya cukup jauh bahkan harus menyeberangi laut. “Tutupnya. (Hasbuna)