Kades Se-Kabupaten Pesawara Ikuti Workshop Evaluasi Implementasi Siskuedes

104 Kali Dilihat

Lampung (Bumi1.Com) Dalam kegiatan Workshop hasil evaluasi implementasi siskuedes dalam tata kelola keuangan desa di Pemerintah Kabupaten Pesawaran yang diadakan di Aula Pemkab Pesawaran, Rabu (20/11/2019).

Hadir dalam acara tersebut kepala Desa se-Kabupaten Pesawaran, Camat se-Kabupaten, Wakil Bupati Pesawaran Eriawan, Sekda Pesawaran dan Narasumber pada acara tersebut Ketua Komite IV DPD RI , Ibu Elviana, Anggota Komite IV DPD RI Dapil Lampung Bpk. KH. Ir. Abdul Hakim , M.M, Direktur Pengawasan Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah(BPKP) Bpk. Adi Gemawan dan Panit 1 Subdit 3 Tipikor Ditreskrimsus Polda Lampung, IPDA Tedi Firdianto, SH, MH.

Pemerintah Daerah Pesawaran dalam hal ini menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada BPKP perwakilan Lampung yang sudah melaksanakan kegiatan evaluasi khusunya di kabupaten Pesawaran,

Dimana pengelolaan keuangan saat ini masih sebagian dilakukan secara manual, hal tersebut menjadi kendala pemerintah untuk tatakelola keuangan desa secara baik dan benar. Dengan diterapkan Aplikasi Siskuedes, diharapkan dapat membantu memudahkan dalam hal menyusun laporan desa dengan tepat waktu.

Dalam sambutanya Wabub Eriawan mengatakan, “Kegiatan ini sangat baik, karena tujuannya agar mencerdaskan aparatur desa, jangan sampai kepala desa terjebak dengan masalah hukum. Karena saat banyak kepala desa yang tersandung masalah hukum, khususnya masalah nepotisme hindari saat pengangkatan aparatur desa.

Pemerintah Kabupaten Pesawaran kedepan berharap terapkan Aplikasi SISKEUDES dalam sistem tatakelola keuangan desa yang salah satunya adalah desa dapat menyusun Laporan Realisasi APBDes dengan tepat waktu, dan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan desa dengan baik, sesuai dengan asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran.

Sementara narasumber dari Polda Lampung yang diwakili oleh IPDA Tedi memaparkan, “Kepala Desa hendaknya melaksanakan 3 hal ini, Pahami aturannya, Laksanakan aturanya dan jangan langar aturannya.
Bila sudah menjalankan pengelolaan keuangan dengan 3 hal tersebut, Jadi kepala Desa tidak perlu takut bila ada periksaan oleh pihak manapun juga,”Tutupnya. ( Rls/Romadi )